oleh

Wujudkan Pemerintah Terintegrasi, Inspektorat Gelar Bimtek

LAHAT, MS – Wujud Pemerintah kabupaten Lahat yang baik menuju Pemerintah yang terintegrasi, Inspektorat Lahat gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Maturitas Penyelengaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintregrasi. Kegiatan itu dipusatkan di gedung pertemuan Pemkab Lahat, Kamis (19/8/21).

Inspektur kabupaten Lahat Junisa Rahman SIP MM menyampaikan, SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) bentuk kemampuan aparatur pemerintah untuk melakukan pengawasan.

Sistem pengendalian intern pemerintah terintegrasi (SPIP) nantinya akan terintegrasi langsung dengan BPKP.

“Kami berharap kepada para Kepala OPD dan Kasubag Perencanaan agar dapat memetakan resiko, karena dari situlah menjadi ujung tombak pelaksanaan pengawasan,” ujarnya.

Dikesempatan itu ia menyampaikan, SPIP dianggap penting karena dalam menjalankan roda pemerintahan harus transparan.

“Ditahun 2021 dilaunching lagi sebagai pembaharuan SPIP Terintregasi, SPIP sangatlah penting karena pengetahuan dan akuntabel yang harus memadai,” tuturnya.

Bupati Lahat Cik Ujang SH membuka secara resmi Bimtek. Dikesempatan itu ia menyampaikan SPIP harus dilakukan untuk menjadi tolak ukur pengendalian yang menjadi bagian budaya kerja organisasi.

“Diharapkan proses pembangunan SPIP yang ekonomis, efektif dan efisien, dengan bimtek ini seluruh OPD dapat menerapkan SPIP dengan baik untuk mentacapai Pemerintah yang Terintregasi, yang akan menjadikan Lahat Bercahaya,” tutup Cik Ujang.

Nara sumber dari BPKP Sumatera selatan yang diwakili oleh Syahrizal. Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Lahat H Hariyanto, Pj Sejda Lahat H Deswan Irsyad, Assisten III, Kepala BPKP, para Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Lahat, serta para tamu undangan yang sempat hadir. (nur)

News Feed