oleh

4 Besar, Indonesia Versus Vietnam

JAKARTA, MS – Vietnam tampil sempurna di fase grup Piala AFF 2016. Kendati demikian, tim besutan Nguyen Huu Thang dinilai masih mempunyai celah.

Vietnam lolos ke semifinal Piala AFF 2016 dengan predikat sebagai juara Grup B. Mereka mengumpulkan angka sempurna, sembilan poin, dalam tiga laga yang dilakoni. Le Cong Vinh dkk. memetik kemenangan saat berduel melawan Myanmar, Malaysia, dan Kamboja. Vietnam membukukan sebanyak lima gol dalam tiga pertandingan itu, dan kebobolan sebanyak dua gol. Kamis (1/12)

Vietnam pun akan berhadapan dengan Indonesia di babak empat besar Piala AFF 2016. Laga leg I semifinal akan berlangsung di stadion Pakansari, Sabtu (3/12) malam pukul 19.00 WIB. Sementara pertandingan leg II akan berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, pada 7 Desember mendatang.

Kendati demikian, eks pemain timnas Indonesia, Seto Nurdiantoro, menilai bahwa Vietnam juga masih mempunyai celah. Hal itu tersaji dalam dua laga ujicoba yang dilakoni Indonesia saat melawan Vietnam.

Indonesia bermain imbang 2-2 melawan Vietnam di laga persahabatan yang berlangsung di stadion Maguwoharjo pada 9 Oktober lalu. Sebulan kemudian, tim ‘Merah-Putih’ kalah 2-3 saat melawat ke markas Vietnam.

“Meski Indonesia kalah di laga terakhir, hasil pertandingan saat ujicoba menunjukkan bahwa Vietnam juga bisa dibobol. Kedua tim juga sudah saling mengenal kekuatan lawan,” ungkapnya.
Soal pertandingan semifinal Indonesia melawan Vietnam kali ini, Seto juga mempunyai prediksi. “Sepertinya pertandingan semifinal kali ini akan berjalan sampai babak adu tendangan penalti. Yang penting, Indonesia jangan sampai kebobolan lebih dulu di pertandingan besok. Andai menang di kandang akan membuat kans lolos ke final menjadi lebih besar,” kata eks pemain timnas Primavera itu.

Indonesia pernah berjumpa dengan Vietnam di laga semifinal Piala AFF satu kali. Di edisi tahun 2000 itu, Tim ‘Merah-Putih’ menang dengan skor 3-2, Seto merupakan salah satu pencetak golnya. Dua gol lain di pertandingan yang dihelat di Rajamangala itu dibukukan Gendut Doni. Laga itu berjalan hingga babak tambahan.(Dtk/In)

News Feed