You are here
AGUSTIA: BERANTAS NYAMUK DENGAN 3M PLUS DAERAH HEADLINE 

AGUSTIA: BERANTAS NYAMUK DENGAN 3M PLUS

LAHAT, MS – Masuk musim penghujan, menimhulkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Untuk itu Dinas sehatan terus melakukan promosi kesehatan dan pencegahan secara preventif untuk mengantisipasi munculnya berbagai macam penyakit.

“Sebenarnya bukan hanya pada saat adanya pergantian dari musim kemarau ke hujan, dan sebaliknya muncul penyakit,” kata Kabid P2P Agustia Ningsih SKM MM, saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (28/01/20).

Dampak pergantian cuaca ini lebih banyak muncul penyakit Malaria, DBD, Ispa dan diare, untuk itu Dinas Kesehatan kabupaten Lahat sudah membuat edaran kesehatan ditujukan keseluruh Puskesmas untuk lebih menggalakkan, lebih meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat untuk mencegah penyakit-penyakit yang biasanya muncul pada saat pergantian musim

“Kita kepinginnya memintarkan masyarakat, yang paling penting itu pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3M plus,” katanya.

Dikatakan dia, belum lama ini pihaknya bekerjasama dengan PKK turun langsung ke Kelurahan Gunung Gajah untuk memberikab penyuluhan pencegahan penyakit demam berdarah dan mengajak masyarakat untuk mempraktekkan terkait Penangulagan dengan 3 M Plus yaitu Menguras, Mengubur dan Menutup

“Menguras bak mandi minimal seminggu sekali, Menutup penampungan air, dan Mendaur ulang atau mengubur tempat-tempat yang bisa untuk jadi tempat penampungan air, dan plusnya tidak mengantung baju karena nyamuk menyukai tempat yang gelap dan lembab,” jelas Agustia.

Disamping itu Dinas kesehatan mengajak untuk menggalakan penanaman tanaman yang dapat mengusir nyamuk.

“Kemarin kita memberikan contoh tanaman yang dapat mengusir nyamuk yaitu tanaman Lavender dan Serewagi serta membagikan bubuk Larvasida yang dapat membunuh jentik nyamuk, disamping itu karena nyamuk DBD keluarnya dipagi hari, maka kita di anjurkan untuk memakai Lotion ,” tutupnya. (Nur)

Related posts

Leave a Comment