oleh

BSB Gelar Paparan Integrasi SIPD dan Siskeudes

LAHAT, MS – Bank Sumsel Babel ( BSB) paparkan tentang Integrasi Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) dan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dihadapan wakil Bupati Lahat H Haryanto, Asisten III, Kepala BPKAD, Kepala Bapenda, Kepala Bappeda, Kepala DPMDes, dan para camat. Kegiatan itu digelar di Oproom Setda kabupaten Lahat.

Direktur Kepatuhan Bank Sumsel Babel Mustakim mengatakan, bahwa sampai saat ini Pemkab Lahat tetap memberikan kepercayaan kepada pihaknya untuk pengelolaan kas daerah, disamping memang saham besar Sumsel Babel.

“Kami dari pihak Bank Sumsel Babel mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Lahat yang sampai saat ini masih memberikan kepercayanya,” tuturnya.

Pemahaman SIPD ini merupakan produk Kemendagri dengan dua peraturan dan Surat Edaran (SE) yang menyarankan SIPD bisa digunakan oleh Pemda, dan Bank Sumsel Babel untuk pengelolaan kas daerah.

SIPD bisa diintegrasikan Bank Sumsel Babel. Intinya implemantasi dua sistem ini dalam rangka mengakuratkan administrasi keuangan daerah, transaksi keuangan daerah berjalan online dan Bank sebagaimana mitra.

“Misal dalam pembayaran gaji ASN, Pemda membayar gaji ASN secara real time, entry sendiri masuk gaji tanpa potong,” jelasnya.

Wakil Bupati Lahat, H Haryanto menyampaikan bahwa pelaksanaan SIPD sudah kewajiban, sedangkan Siskeudes perlu ditindaklanjuti dengan dibagi zona oleh Bank Sumsel Babel untuk pengarahan per wilayah.

“Untuk mempercepat naik turun sistemnya, tidak usah minta ke bank lagi, langsung melalui aplikasi,” jelasnya. (nur)

News Feed