oleh

Budayakan Kegemaran Menanam Pohon Kepada Masyarakat

LAHAT, MS – Dalam rangka meningkatkan kelestarian lingkungan dan peringatan hari lingkungan hidup sedunia Pemerintah Kabupaten memberikan dukungan dengan dilaksanakannya kegiatan penanaman pohon serentak.

Kegiatan penanaman pohon ini dilaksanakan secara serentak di kecamatan Merapi barat, Merapi Timur, kecamatan Merapi Selatan dan di plaza tepian air Lematang.

Penanaman pohon ini juga akan meningkatkan indeks kualitas tutupan lahan menambah luas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas.

Selain itu penanaman pohon ini dapat meningkatkan infrastruktur hijau di Kabupaten Lahat bukan sebagai objek fisik melainkan juga menjadi saran penahan debu dari kegiatan lalu lintas yang ada di area kecamatan Merapi Barat, kecamatan Merapi Timur, kecamatan Merapi Selatan.

Penanaman pohon ini juga dapat dijadikan sebagai momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, menurunkan efek gas rumah kaca, degradasi dan forestasi hutan dan lahan dan sebagai upaya konservasi sumber daya air.

Diperingatkan hari lingkungan hidup sedunia ini Pj Bupati Lahat M Farid mengajak untuk untuk membudayakan kegemaran menanam pohon kepada masyarakat, kegiatan menanam ini juga merupakan salah satu aksi untuk memulihkan kondisi daerah, mengurangi dampak pemanasan global, merupakan sumber oksigen, pengendalian suhu dan memberikan kesegaran serta kesehatan untuk semua,Yang paling penting adalah membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menanam pohon dan merawatnya.

” Mari kita lakukan penanaman pohon dalam rangka mitigasi bencana mewariskan mata air untuk masa depan datang salah satu upaya yang telah dilakukan dalam meningkatkan indeks kualitas tutupan lahan dan penambahan luas ruang terbuka hijau,” ajaknya saat melouching gerakan penanaman pohon serentak yang dilaksanakan di depan kantor camat Merapi barat, Kamis (4/4/24).

News Feed