oleh

Bupati Lahat Panen Padi

LAHAT, MS – Kegiatan Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) seluas 928 hektar Pemkab Lahat melalui Dinas Pertanian berjalan dengan sukses dan Bupati Lahat, Cik Ujang SH beserta jajaran melakukan panen padi bersama di lahan PATB Desa Tanjung Payang, Kecamatan Lahat Selatan, Senin ( 14/6/21).

Panen bersama ini diikuti oleh Bupati Lahat Cik Ujang didampingi ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik ujang, yang juga dihadiri oleh asisten dan kepala SKPD dan para petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat, Eti Listina SP MM mengungkapkan, kegiatan PATB tahun 2020 bertujuan meningkatkan produksi petani di Kabupaten Lahat. Kegiatan itu, tersebar di 12 kecamatan, 31 desa dan 46 kelompok tani.

“Ya, panen PATB dilaksanakan hari ini, dimana akan menjadi momen perjuangan peningkatan produktivitas padi di Kabupaten Lahat khususnya,”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Eti kegiatan menyasar pada 928 hektar lahan bukaan baru, baik ladang maupun sawah yang terlantar, dimana setiap hektarnya dibantu benih padi unggul bersertifikat 40 KG/HA, pupuk NPK non subsidi 200 KG/HA, herbisida, pestisida, pupuk hayati dan sumur bor khusus untuk wilayah tertentu.

“Alhamdullilah disini (Desa Tanjung Payang) hasilnya sangat baik dengan hasil 50 sampai 70 kwintal per hektar, hak ini indikasi yang baik bagi peningkatan produksi padi dan diharapkan dapat di ikuti di kecamatan-kecamatan lain,” terangnya.

Sementara arahan Bupati Lahat Cik Ujang, SH mengatakan panen padi ini selama 2 tahun namum baru kali ini bisa dipanen disebabkan irigasinya ada masalah, dalam waktu dekat ini akan dibangun oleh pihak terkait.

“Saya meminta Kepala Dinas PU Kabupaten Lahat, agar nantinya didalam perbaikan irigasi di Desa Tanjung Payang agar sawah masyarakat tersalurkan airnya dengan baik, ” pintanya.

Dengan dibangunnya irigasi nanyinya diharapkan Petani dapat panen dengan baik sesuai dengan keinginan para petani.

“Pemerintah Kabupaten Lahat akan berupaya untuk membantu para petani, dan semoga semakin tahun hasil panen dapat meningkat , “harapnya. (Nur)

News Feed