You are here
Dampak Covid-19,734 Mahasiswa Besok Bakal Menerima Bantuan DAERAH HEADLINE 

Dampak Covid-19,734 Mahasiswa Besok Bakal Menerima Bantuan

MURATARA, MS – Sebanyak 734 mahasiswa Musi Rawas Utara (Muratara) akan menerima bantuan dampak covid-19, Jumat (24/7/2020). Hal ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan(GTPP) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Muratara Susyanto Tunut melalui press rilisnya, Kamis (23/7/2020).

“Insya Allah, besok pagi Jum’at 24 Juli 2020 akan dilangsungkan penyerahan bantuan mahasiswa dan bantuan bahan pangan (sembako) tahap 2 bagi masyarakat terdampak Covid-19 Kabupaten Musi Rawas Utara,” ungkapnya.

Menurut dia, dari yang sudah didata pihaknya ada 734 mahasiswa Muratara yang akan menerima bantuan.
“Hingga saat ini baru 734 mahasiswa calon penerima bantuan yang dinyatakan valid yang telah memenuhi kedua dokumen,” ungkapnya.

Terkait bantuan mahasiswa, Bupati Musi Rawas Utara melalui Gugus Tugas telah memutuskan menambah alokasi anggaran bantuan mahasiswa, sehingga besaran dana yang diterima oleh masing-masing mahasiswa cukup pantas dan memadai, yaitu sebesar Rp750.000 permahasiswa.

‘”Penyaluran dilakukan melalui rekening mahasiswa yang telah diverifikasi dan dinyatakan valid serta telah menyampaikan surat permohonan (berlaku untuk semua yang dinyatakan valid) dan surat pernyataan (tidak sedang menerima bantuan pendidikan dari pemerintah) bagi mahasiswa yang kuliah di luar Musi Rawas, Lubuklinggau, dan Musi Rawas Utara,” jelas Jubir covid-19 Muratara Susyanto.

Apabila mahasiswa yang telah dinyatakan valid ternyata tidak menyampaikan dokumen dimaksud hingga tanggal 5 Agustus 2020, dianggap mengundurkan diri dan bantuan tidak akan disalurkan untuk mahasiswa yang bersangkutan.

“Terkait penyaluran bantuan sembako terdampak Covid-19 tahap 2, terdapat sedikit perbedaan dengan penyaluran tahap 1, menyangkut tata cara dan isi paket bantuan. Untuk tahap 2 ini penyaluran sembako dilaksanakan dengan titik bagi di kantor/gudang desa, serah terima dilakukan oleh penyedia barang ke kepala desa disaksikan oleh tim distribusi dari personil TNI/Polri dan relawan,” jelasnya.

Dikatakan dia, penyerahan bantuan itu akan dilakukan secara simbolis untuk Kecamatan Rupit dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Musi Rawas Utara, dan dilanjutkan untuk Kecamatan Rawas Ulu dipusatkan di Desa Remban.
“Direncanakan penyerahan secara simbolis akan dilaksanakan langsung oleh Bupati Musi Rawas, Dandim 0406 dan Kapolres Musi Rawas Utara,” ujarnya.

Kegiatan ini mengawali penyaluran bantuan terhadap 1.966 mahasiswa penerima Bantuan Mahasiswa dan 25.441 Kepala Keluarga (KK) penerima bantuan bahan pangan tahap 2.

Sebelumnya telah dibagikan kupon oleh relawan kepada masyarakat yang berhak menerima bantuan sesuai dengan daftar lampiran keputusan bupati. “Masyarakat yang telah menerima kupon dapat menukarkan Kupon nya dengan paket Bantuan Sembako kepada Kepala Desa setempat,” kata jubir.

Adapun isi Paket Sembako terdiri dari 10 Kg Beras Premium, 2 Kg Gula Putih, 2 Liter Minyak Goreng, dan 1 Botol (330 ml) Sirup Limau.

Untuk penyaluran bantuan berikutnya berturut-turut Sabtu, 25 Juli 2020, Kecamatan Nibung, dipusatkan di SP 10. Senin, 27 Juli 2020 Kecamatan Karang Jaya dipusatkan di Kelurahan Karang Jaya dan Kecamatan Karang Dapo dipusatkan di Desa Biaro. Selasa, 28 Juli 2020 Kecamatan Ulu Rawas dipusatkan di Kelurahan Muara Kulam. Dan Rabu, 29 Juli 2020 Kecamatan Rawas Ilir dipusatkan di Desa Pauh dan Pauh I.

Diujung percakapan ia meminta agar seluruh masyarakat berdoa kepada Allah SWT semoga segera keluar dari Pandemi Covid-19. “Mari kita tetap menjaga kewaspadaan terhadap paparan covid-19 di tengah tengah kita. Tetap patuhi protokol pencegahan Covid-19 Jaga Jarak, selalu cuci tangan dengan sabun, selalu pakai masker bila keluar rumah, dan lakukan prilaku hidup sehat,. Mari bersatu kita lawan Covid-19, hindarkan hoax, fitnah dan provokasi. Kita siap menuju New Normal,” pintanya. (Lian)

Related posts

Leave a Comment