oleh

Diduga Janggal, Akankah Seleksi PPDB SMP Negeri 1 Kota Pagar Alam Bakal Diulang

PAGAR ALAM,MS – Polemik Penerimaam Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 1 Kota Pagar Alam yang dinilai tidak sesuai prosedur karena ada warga yang lokasinya berada dekat sekolah namun tidak lulus. Padahal berdasarkan jalur zonasi, siswa sekolah dasar dengan tempat tinggal yang berdekatan dengan lokasi sekolah menjadi prioritas lulus jalur zonasi tersebut.

Akibat hal ini banyak orang tua wali yang protes karena anaknya tidak lulus PPDB SMPN 1 Pagar Alam jalur zonasi dan prestasi. Hal tersebut membuat pihak DPRD Kota Pagar Alam mulai dari unsur pimpinan dan Komisi III melakukan kunjungan kerja mendadak ke SMPN 1 tersebut.

Buntut dari polemik tersebut pihak DPRD dan pihak Sekolah serta unsur yang hadir sepakat akan mengulang proses seleksi PPDB di SMP Negeri 1 tahun 2024. Dan hasil seleksi PPDB yang sudah diumumkan pada 25 Maret 2024 kemarin kemungkinan akan dibatalkan.

“Berdasarkan hasil rapat kita bersama pihak sekolah mereka mengakui jika banyak kelalaian dalam proses PPDB di SMPN 1 tahun 2024 ini,” ungkap Ketua DPRD Pagar Alam Jenni Sandiyah saat memimpin rapat Kunker di SMPN 1 Pagar Alam hari ini.

Selian itu pihak DPRD dan sekolah sepakat akan melakukan seleksi PPDB ulang dengan mengedepankan transparansi.

“Sudah ada kesepakatan bersama DPRD dan SMP Negeri 1 untuk mengulang seleksi penerimaan peserta didik baru mulai dari jalur Prestasi, Zonasi, Mutasi dan Afirmasi. Serta disepakati pengumuman hasil seleksi PPDB yang dikeluarkan pada tanggal 25 Maret 2024 kemarin tentunya dibatalkan,” tegas Jenni.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pagar Alam Cholmin saat di hubungi media ini melalui whatapp ia menjelaskan, untuk mengulang seleksi penerimaan peserta didik baru mulai dari jalur prestasi, apermasi dan zonasi hasil seleksi PPDB yang dikeluarkan pada tanggal 25 Maret 2024. “Tentunya saya selaku Kepala Dinas pendidikan Kota Pagar Alam akan berkoordinasi dulu dengan pimpinan saya dalam hal ini Pj Walikota dan Sekda Pagar Alam,” ungkapnya, Rabu  /26/03/2024/.(LEN)

News Feed