oleh

Dinkes Gelar Sosialisasi Pencegahan Hepatitis B

20200313_165528

BENGKULU SELATAN, MS – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) Provinsi Bengkulu menggelar sosialisasi pencegahan Hepatitis B. Acara sosialisasi tersebut diadakan di ruang Aula Dinas Kesehatan BS, Kamis (12/3/2020).

20200313_165542

Sosialisasi Pencegahan Hepatitis B dihadiri oleh Staf Dirjen P2P Kemenkes, Dinas Kesehatan Provinsi dan Seluruh Kepala Puskesmas se- Kabupaten Bengkulu Selatan.

20200313_165454

Kades Dinkes Bengkulu Selatan, Siswanto, S.Sos. M.Si, dalam sambutanya menyampaikan sosialisasi ini sangat perlu dilakukan, agar dapat mencegah sedini mungkin penyakit hepatitis B terhadap masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan ini.

Penyakit ini sangat berbahaya lanjut siswanto Hepatitis B adalah infeksi serius virus HBV, Yang mana virus ini menyerang bagian tubuh manusia yaitu hati.

“Hepatitis B ini adalah sejenis penyakit yang menular, sedangkan penularan virus ini bisa terjadidi melalui, kontak fisik dan kontak cairan seperti hubungan intim. Apabila ada luka yang terbuka bersentuhan dengan daerah yang terinfeksi atau melalui jarum suntik inipun bisa menularkan virus HBV tersebut. Hepatitis B ini merupakan penyakit menular dan berbahaya,” tegas Siswanto.

Dia pun menambahkan, ada beberapa langkah yang dilakukan untuk mencegah menularnya penyakit Hepatitis B, yaitu melakukan vaksinasi sejak bayi, biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan, hati – hati dengan menggunakan jarum, melakukan hubungan seksual yang aman, menjaga pola makan dan minum, mengetahui riwayat keluarga.

“Mudah-mudahan masyarakat dapat mengertikan akan hal ini,” pintanya. (Bajul/adv)

News Feed