You are here
DPRD Bengkulu Selatan Terima Hasil Rapat Pleno KPU ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

DPRD Bengkulu Selatan Terima Hasil Rapat Pleno KPU

BENGKULU SELATAN, MS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Bengkulu Selatan menerima hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum [KPU] Bengkulu Selatan, terkait penetapan hasil pilkada 9 Desember 2020 yang lalu.

Dari hasil pleno yang digelar Jumat (19/2/2021) KPU Bengkulu Selatan menetapkan, pasangan Gusnan Mulyadi dan Rifai Tajudin sebagai Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Bengkulu Selatan.

Hasil pleno penetapan Bupati dan Wabup terpilih diserahkan oleh Ketua KPU, Alpin Samsen didampingi Komisioner Divisi Teknis, Edvan Diansari dan staf bagian hukum KPU kepada Sekretaris DPRD, Ferry Kusnadi, S.E.

Dalam kegiatan rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati dihadiri oleh Ketua DPRD BS.

Ketua DPRD Bengkulu Selatan Barli mengharapkan bupati dan wabup terpilih dapat menjalankan program dan visi misi yang sudah dirancang pada masa kampanye, untuk mewujudkan Bengkulu Selatan EMAS berlandaskan CINTA BS.

“Setelah menerima hasil penetapan dari pihak KPU, kami akan menggelar rapat paripurna untuk mengagendakan pengusulan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati ke Kementerian Dalam Negeri melalui Gubernur Bengkulu pada Senin tanggal 22 Februari 2021,” sampai Barli kepada awak media.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Ferry Kusnadi,SE usai menerima berita acara hasil rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih mengatakan berhubung saat ini anggota DPRD Bengkulu Selatan masih Dinas Luar (DL) terhitung mulai hari ini. “Kita akan berkoordinasi dengan pimpinan, kapan akan menggelar rapat paripurna. Tetapi dari sekretariat akan menfasilitasi dan sudah disiapkan segala sesuatunya secepat mungkin,” ungkap Ferry.

Terhitung hari Senin nanti, pihaknya akan menggelar Badan musyawarah terlebih dahulu. “Bila pada Bamus nanti menyetujui, kemungkinan hanya berbeda jam saja kita langsung laksanakan rapat paripurna. Guna membahas jadwal pelantikan Bupati dan Wakil Bupati. Sesuai dengan dasar surat edaran Kementrian tanggal 26 Februrai 2021,” pungkasnya.

Namun, dikatakan dia harus melengkapi persyaratan yang memang dibutuhkan Kemendagri.

“Hasil rapat paripurna nanti akan dikirim ke Provinsi Bengkulu, selanjutnya pihak Provinsi lah yang akan menindaklanjuti untuk ke Kemendagri. Baru nanti akan ada keputusan, apakah bisa dilakukan pelantikan tanggal 26 Februari 2021 atau tidak,” jelasnya.

Ditambahkan Ferry, edaran Kemendagri ini, berlaku bagi Pemilihan Bupati dan wakil Bupati yang tidak bermasalah, ataupun gugatan yang ditarik sesuai hasil keputusan pada tanggal 15 sampai 16 Februari 2021 Pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari 2021 di minggu keempat.

Untuk pelantikan nanti, pelaksanakan di Kabupaten masing – masing secara vertual. “Menurut hasil virtual dan surat edaran Kemendagri, lokasi kita belum mengetahui, akan kita koordinasikan terlebih dahulu kepada PLH Bupati,” tutupnya. (bajul/adv)