oleh

DPRD Kota Lubuklinggau Sah Terima LKPJ Walikota 2020

LUBUKLINGGAU, MS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Lubuklinggau menggelar rapat Paripurna atas penyampaian rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali Kota Lubuklinggau tahun 2020, di Gedung DPRD Kota Lubuklingga, Senin, (17/5/ 2021).

Rekomendasi DPRD ini disampaikan juru bicara DPRD Kota Lubuklinggau, Yulian Efendi. Ada beberapa rekomendasi atas LKPJ Wali Kota tahun 2020 antara lain dibidang pemerintahan dan kesejahteraan, DPRD mengharapkan program tepat sasaran, melakukan pengawasan ketat dan memfasilitasi masyarakat yang ber-KTP Lubuklinggau untuk mendapatkan lapangan kerja.

Kemudian, untuk dapat menindaklanjuti terhadap meningkatnya angka pengangguran dari 2 persen menjadi 7 persen, DPRD menyarankan agar membuat tim khusus (timsus) pengentasan pengangguran.

Selanjutnya, pihak legislatif juga meminta pemutakhiran data penduduk miskin mulai dari kecamatan, kelurahan hingga RT dan meminta agar dilakukan penambahan anggaran untuk ketertiban umum.

“DPRD juga meminta pengawasan ketat pemanfaatan dana BOS dalam wilayah Lubuklinggau, karena masih ditemukan sarana dan prasarana sekolah yang belum refresentatif. Selain itu, seragam sekolah gratis, selayaknya tetap dilanjutkan tahun depan. Selain itu belajar tatap muka segera dilaksanakan karena sistem daring yang dilaksanakan sejak mewabahnya pandemi Covid-19 dinilai kurang efektif,” ujar Yulian Efendi.

Rekomendasi lainnya yakni mengenai pemulihan ekonomi di masa pandemi, supaya dapat memberikan bantuan kepada pelaku usaha mikro kecil menengah, serta dapat mengkaji ulang program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau mengingat pandemi saat ini masih berlangsung.

Ketua DPRD Kota Lubuklinggau, H. Rodi Wijyaya SE, Msi, mengucapkan terimakasih serta menghimbau rekomendasi tersebut untuk segera ditindaklanjuti.

“Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas kinerja Pemkot yang semakin baik, dan juga rekomendasi atas LKPJ Wali Kota Lubuklinggau agar segera ditindaklanjuti untuk kemajuan Kota kita tercinta ini, Kota Lubuklinggau,” ujar Rodi Wijaya.

Sementarai itu, dalam sambutannya, Wali Kota Lubuklinggau, H. SN Prana Putra Sohe, memberikan apresiasi kepada fraksi-fraksi dan/atau Dewan-dewan DPRD Kota Lubuklinggau.

“Saya apresiasi kepada DPRD Kota Lubuklinggau karena telah memberikan saran dan pikiran dalam rekomendasi LKPJ Wali Kota Lubuklinggau tahun 2020, semoga hasil rekomendasi tersebut dapat memacu kinerja kami yang lebih baik, serta menuju Kota Lubuklinggau metropolis madani,” ujarnya.

Dilain sisi Fraksi partai PKS, Rosmala Dewi, pada kesempatan terakhir menghimbau agar para pihak legislatif dan eksektif turut memberikan bantuan ke negara Palestina yang sedang bergejolak konflik terhadap negara Israel.

“Saya harapkan agar para pihak-pihak legislatif dan eksekutif mendonasikan bantuan untuk negara Palestina,” ujarnya. (dhia)

News Feed