You are here
Gelar Lomba Tari Andun BENGKULU HEADLINE 

Gelar Lomba Tari Andun

BENGKULU SELATAN, MS – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesi, Kecamatan Kota Manna menggelar kegiatan lomba tari andun, Kamis (15/8/2019)

Lomba ini diikuti oleh perwakilan kelurahan/desa se Kecamatan Kota Manna dan pelajar SMA/SMK yang berada di kawasan Kecamatan Kota Manna.

Camat Kota Manna Septi Afrida didampingi Sekretaris Kecamatan, Daved Pahlefi mengatakan bahwa lomba tari andun ini diikuti oleh pemuda dan pelajar. Tujuannya untuk melestarikan dan mengenalkan adat Bengkulu Selatan khususnya kepada generasi millenial, umumnya kepada masyarakat Bengkulu Selatan.

“Untuk dewan juri, kami datangkan dari BMA dan tokoh adat dan seniman Bengkulu Selatan,” jelas Camat.

Selain menggelar lomba tari andun, Kecamatan Kota Manna juga menggelar bebrerapa kegiatan hiburan lainnya, seperti lomba makan kerupuk, kelerang dalam sendok, lari dalam karung dan lainnya.

“Malam besok (16/8/2019) malam puncak, akan dihibur organ tunggal. Sekaligus pembagian hadiah untuk pemenang lomba,” ujar Septi Afrida.

Assisten II Sekretariat Daerah Bengkulu Selatan, Novman Ahmad Ali mewakil Bupati membuka kegiatan lomba tari andun yang dihelat di halaman Kantor Camat Kota Manna.

Dalam arahannya, Novman Ahmad Ali meminta kepada masyarakat agar menggencarkan promosi adat budaya Bengkulu Selatan melalui kegiatan-kegaiatan dan media sosial.

“Adat budaya kita ini jangan sampai hilang. Tugas kita, pemerintah dan orang tua untuk mewariskan dan mengenalkan adat budaya, seperti tari andun ini kepada generasi muda. Jika tidak, adat budaya kita ini bisa hilang,” ingat Novman.

Upaya lain telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk melestarikan adat dan budaya daerah. Diantaranya melalui memberikan bantuan untuk kegiatan bimbang adat.

“Meskipun masih terbatas, Bupati dan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan mempunyai program untuk melestarikan adat budya kita ini, diantaranya melalui program bimbang adat. Atas nama pemerintah daerah, kami mengapresiasi kegiatan lomba tari andun ini,” demikian Novman Ahmad Ali. (bajul/red)

Related posts

Leave a Comment