You are here
Green Indonesia Lanjutkan Tanam Pohon, 3 Tahun Tertanam 150 Ribu Pohon BENGKULU HEADLINE 

Green Indonesia Lanjutkan Tanam Pohon, 3 Tahun Tertanam 150 Ribu Pohon

BENGKULU, MS – Untuk mencapai misi “Tanam Sejuta Pohon”, Perkumpulan Indonesia Hijau / Green Indonesia yang diketuai Suharman, SP sepanjang tahun 2017 terus berupaya menanam pohon jenis Karet Merah di sepanjang pantai, sungai dan daerah rawan bencana se-Provinsi Bengkulu.

“Tahun 2017 ini merupakan tahun ke tiga sejak kami memulai kegiatan menanam pohon,sebelumnya kegiatan kami dibawah naungan lembaga GERAK,” ujar Suharman.

Diungkapkan Suharman, kegiatan yang telah berlangsung 3 tahun ini sebelumnya hanya diikuti 65 Orang yang terdiri dari anggota lembaga dan 2 kelompok tani. Pada tahun 2017, anggota yang tergabung dalam kegiatan pembibitan dan penanaman ini lebih dari 8.000 orang.

“Semua terdiri dari anggota lembaga, 350 kelompok tani, Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, dan masyarakat yang sadar akan pentingnya alam,” ujar Suharman.

Mengenai biaya metode penanaman dan hasil yang telah dicapai, ia mengakui, selama 3 tahun kegiatan berjalan biaya dari swadaya anggota dan kelompok tani yang tergabung serta sumbangsih masyarakat. Sedangkan pohon tertanam telah mencapai 150.000 batang yang tersebar se-provinsi Bengkulu.

“Karena biayanya swadaya, kami menanam pohon secara bertahap. Untuk 2018, kami telah membuat proposal kepada pemerintah untuk mendukung kegiatan dan demi tercapainya kelestarian lingkungan serta pencegahan berbagai macam bencana yang ditimbulkan alam,” terangnya.

Menurut dia, kegiatan ini berdampak positif karena menambah nilai moral dan pendidikan, meningkatkan pariwisata alam, serta melestarikan lingkungan. Selain bertujuan Menyadarkan masyarakat akan pentingnya alam semesta, mengurangi pemanasan global, melestarikan alam dan mengurangi resiko terjadinya berbagai bencana alam.

“Karena manfaat kegiatan inilah kami tetap optimis mecapai target tanam satu juta pohon. Jadi, pemerintah suka tidak suka, bantu tidak bantu kami akan terus melakukan kegiatan ini,” tegasnya. (ark)

Related posts

Leave a Comment