You are here
Kades Manggul Gelar Musrenbangdes ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

Kades Manggul Gelar Musrenbangdes

Bam 3

Bam 7BENGKULU SELATAN, MS – Kepala Desa (Kades) Manggul menggelar rapat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes), Senin (3/2/2020). Rapat yang digelar di kantor Desa Manggul itu sendiri dihadiri langsung Camat Kecamatan Manna.

Camat Manna, Turman SE Manna mengatakan, usulan yang disampaikan belum terealisasi akan dibahas pada saat Musrenbang tingkat kabupaten. “Jadi usulan warga yang belum terlaksana, yang tidak bisa didanai oleh Dana Desa (DD) akan kita usulkan lagi pada Musrenbang tingkat kabupaten,” ujarnya.

Bahkan ia berjanji akan memperjuangkan usulan yang belum terlaksana. “Saya akan berusaha semaksimal mungkin, agar usulan itu akan bisa masuk pada saat Musrenbang,” tegasnya.

Bam 9Untuk itu, ia mengharapkan agar masyarakat untuk tidak bosan mengusulkan tentang rencana pembangunan Desa Manggul. “Jangan putus asa, walaupun usulan itu sudah berkali-kali. Kita harus tetap berusaha,” pungkasnya.

Memang diakuinya, pembangunan yang sifatnya skala besar, bahkan yang skala Nasional itu perlu kajian yang panjang. “Tapi yakinlah semua usulan pasti akan kita usulkan baik itu tingkat kabupaten, provinsi bahkan ketingkat pusat,” tegas Turman.

Senada Kades Manggul Salil Amri. Menurut dia dalam hal ini yang terpenting adalah kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa.

“Kami berharap dalam rapat ini warga memberikan usulan-usulan untuk rencana pembangunan tahun 2021. Tetapi yang terpenting usulan kita sebelumnya, tetap harus kita usulkan lagi,” ajak kades.

Bam 2Ia mencontohkan seperti pemecah gelombang yang berfungsi sekaligus untuk menahan terjadinya abrasi, pengurasan Tebat Ratu yang kedepanya diharapkan bisa menjadi sumber air untuk mengairi persawahan. Lalu pembuatan siring pasang di Jalan Raya Manggul. “Kita berharap tahun depan salah satu dari ketiga usulan kita ini bisa terpenuhi,” sampai kades.

Dalam Musrenbang kali ini terjaring 3 usulan skala prioritas yang memang sebelumnya selalu diusulkan setiap tahunnya. Yakni, pemecah gelombang, pengurasan Tebat Ratu, dan pembuatan drainase.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan berjalan lancar,” harapnya.

Turut hadir dalam acara kali ini Perwakilan Kapolsek Manna, pendamping Desa, Ketua BPD beserta anggotanya, dan warga Desa Manggul. (bajul/adv)

Bam 8

Related posts

Leave a Comment