You are here
Pinang Belingkagh dari Kecamatan Manna Raih Piala Bergilir Bupati BENGKULU HEADLINE 

Pinang Belingkagh dari Kecamatan Manna Raih Piala Bergilir Bupati

Kades 5

Kades 1BENGKULU SELATAN, MS – Grup Pinang Belingkagh perwakilan dari Kecamatan Manna meraih piala bergilir Bupati dalam kategori bidang perlombaan seni dendang. Dimana selama 2 tahun dipegang Kecamatan Pino.

Grup pinang Belingkagh ini mengalahkan delapan perserta lainya, perwakilan dari setiap kecamatan yang turut serta dalam puncak HUT BS ke-70, Kamis malam (7/3/2019).

Dalam acara syukuran, Senin (11/3/2019) malam dihadiri Camat Manna, Yuhil Dani,S.Sos, Koordinator Babinsa 05, Pelda Sulaiman, Ketua BMA Kecamatan Manna, Ketua BPD Desa Lubuk Sirih Ulu serta seluruh guru seni dendang pinang Belingkagh.

Acara syukuran ini diawali doa bersama anggota grup bedindang pinang belingkagh dan undangan, dilanjutkan dengan santap malam bersama.

Dalam kesempatan syukuran ini Kades Lubuk Sirih Ulu, Muhardin Effendi mensuport atas kegiatan seni dendang yang dibentuk pada okteber 2018 yang lalu, “Mulanya saya tidak menyangka, grup kita ini bisa menjadi pemenang,” ujar Muhardin.

Pasalnya anggota dari grup Pinang belingkagh ini, masih banyak anak muda. “Sedangkan biasanya, untuk seni dendang ini beranggotakan orang yang sudah tua-tua bahkan untuk grup ini masih ada yang bujangan. Tetapi hal ini menjadi nilai tambah dimata para dewan juri,” ungkapnya.

Kades 6Ia berharap, agar grup seni dendang Pinang Belingkagh tetap jaga menjaga kekompakan. “Utamakan rasa kekeluargaan di dalam grup serta jangan pernah merasa puas dengan kemenangan ini. Teruslah berlatih, karena meraih itu lebih gampang dari pada mempertahankan,” tutup kades.
Pada acara syukuran ini juga Yuhildani Camat Manna, kembali mengingatkan kepada anggota Grup Pinang Belingkagh agar semakin giat untuk berlatih. “Karena mempertahakan itu jauh lebih susah dari pada mendapatkanya, saya ingin budaya asli kita Bengkulu Selatan, seni dendang ini tetap dilestarikan,”pungkas Yuhil.

Semoga kedepannya, seni dendang ini bisa menjadi seni budaya yang dapat berkiprah dikancah Nasional yang pada akhirnya dapat membanggakan nama daerah.

Kades 2“Harapan kita kedepan supaya pemerintah daerah bisa meningkatkan lagi hadiah ataupun dana pembinaan untuk perlombaan dibidang seni dendang ini, karena hal itu akan menjadi daya tarik. Bagi kaula muda untuk mempelajari kesenian daerah yang hampir ditinggalkan ini,” harap Yuhil.

Tidak ketinggalan dimoment syukuran ini, ketua grup Pinang Belingkagh Turman mengharapkan seluruh anggota dendang, agar kedepanya belajar tambah rajin serta pupuk rasa keseriusan pada saat berlatih. Agar kemenangan ini tetap bertahan di Kecamatan Manna. “Saya akan merelakan waktu untuk berjuang sama-sama, demi mempertahankan kemenagan yang diraih. Tentunya dengan dukungan semua pihak, terutama Kecamatan Manna serta Pemerintah kabupaten,” pungkas Turman. (bajul)

Kades 3

Related posts

Leave a Comment