oleh

Kepala Desa Padang Lebar Buka Musrenbangdes

 

 

 

 

 

BENGKULU SELATAN, MS – Dalam Menyusun perencanaan Pembangunan Desa yang partisipatif, akuntabel dan transparan demi terciptanya pembanguan yang merata dan berkeadilan di Desa Padang Lebar Kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan perlu adanya dukungan dari masyarakat.

Hal itu di sampaikan Diharman Kepala Desa Padang Lebar saat membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun anggaran 2022 di Kantor Desa setempat Senin (1/02/2021).

Musrenbangdes dipimpin langsung oleh Ketua BPD Desa Padang Lebar, Nopimi Miarti di hadri selurung anggota BPD, hadir perwakilan Camat Seginim Kasi PMD, Pendamping Desa Lin Aprianto, Bhabinsa Koramil Kayu Kunyit Serka Sunaryo dan Kanit Bimas Polsek Seginim Aiptu Sigit. H.

Menurut Diharman, Indikator kemajuan suatu Desa di dasari oleh adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa dan masyarakat. Dukungan dan peran serta masyarakatlah yang bisa memajukan Pembangunan yang ada di Desa.

“Tanpa adanya dukungan dari masyarakat, kemajuan dan keberhasilan Pembangunan di Desa tidak akan bisa berjalan dengan baik,” ungkap Diharman dalam sambutanya.

Dikatakan Diharman, Berdasarkan amanat Undang-Undang Peraturan Mentri Dalam kegiatan Musrenbangdes ini bagian dari kegiatan rutin tahunan Pemerintah Desa, dimana kegiatan ini merupakan wadah untuk masyarakat dalam menyampaikan Aspirasi/usulan dalam hal Pelaksanaan Pembangunan di Desa Padang Lebar untuk tahun anggaran 2022.

Ketua BPD Desa Padang Lebar Nopimi Miarti saat memimpin Musrenbangdes mengatakan, Hasil kesepakatan terkait dengan Prioritas Pembangunan Desa melalui Musrenbangdes ini akan di bawa ke musrenbangcam, kemudian untuk penganggaran yang di usulkan melalui ABPD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN.

“Pembangunan yang skala besar kita usulkan melalui APBD dan APBN, kalau yang skala kecil kita usulkan melalui APBDES Desa , khusus untuk pembiayaan usulan yang skala kecil pembahasannya akan kita lakukan pada saat Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes),” jelas Nopimi Miarti.

Terkait dengan hasil usulan kegiatan yang di prioritaskan, Nopi Miarti menjelaakan, sebanyak 21 usulan Pembangunan yang akan ditindak lanjuti untuk di ajukan di tingkat Musrenbangcam.

Ini daftarnya :
1. Pembangunan Jamban Keluarga
2. Pengadaan Tong Sampah
3. Pembangunan Siring
4. Pembangunan Jalan Sentra Produksi
5. Pengadaan Ambulan Desa
6. Pengadaan Tempat Tidur Pasien
7. Pengadaan Tabung Oksigen
8. Pengadaan Obat-Obatan
9. Pengadaan makan Tambahan Bayi dan Lansia
10. Pengadaan Kursi Roda
11. Pembangunan Perpustakaan
12. Pelatihan Kewira usahaan
13. Pengadaan Tanaman Apotik Hidup
14. Penyertaan Modal BUMDes
15. Pembangunan Siring Pasang
16. Pembangunan Plat Decker
17. Bantuan Kolam Terpal untuk masyarakat
18. Rehab Plat Decker
19. Pengadaan Lampu Jalan
20. Pengadaan Tiang Listrik
21. Pengadaan Tanaman Hidroponik.

News Feed