You are here
Kurangi Pengangguran, Buka Magang ke Luar Negeri DAERAH HEADLINE 

Kurangi Pengangguran, Buka Magang ke Luar Negeri

LUBUKLINGGAU, MS – Dinas Ketenaga Kerjaan (Disnaker) Lubuklinggau berencana untuk melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang diklat perhotelan dan kapal pesiar.

Kepala Disnaker Lubuklinggau, Purnomo menjelaskan langkah itu dilakukan dalam rangka mengurangi angka pengangguran khususnya di Lubuklinggau. Yang mana dalam mengatasi hal tersebut, pihaknya juga pada 7-8 Oktober akan menggelar job fair melibatkan 30 perusahaan.

“Kedepannya masih menunggu legalitas perusahaan dan MoU. Kemarin sudah menghadap ke kami Direktur Perusahaan yang bergerak dibidang diklat perhotelan dan kapal pesiar,” terangnya.

Mereka sebelum magang terlebih dulu nantinya akan mengikuti diklat selama tiga bulan. Targetnya, Disnaker mengaku mereka yang berniat ikut diklat sebisa mungkin sebanyak-banyaknya. Sehingga nantinya dengan mengikuti diklat dan siapa yang memiliki skill maka akan berlanjut untuk magang selama enam bulan diantaranya ke Malaysia, Korea, Jepang dan Arab. “Siapa yang punya skill bagus, nah mungkin Insya Allah akan bisa berlanjut,” bebernya.

Sejauh ini, Purnomo mengaku, mereka yang akan magang keluar negeri acap kali terkendala dengan skill. Salah satu diantaranya dalam hal bahasa. Makanya, dalam diklat oleh Disnaker nanti mereka akan diberikan latihan bahasa baik Inggris, Korea, Jepang maupun Arab.

Sementara itu, terkait dengan rencana pelaksanaan Job Fair pada 7-8 Oktober nanti, pihaknya menargetkan acara tersebut diikuti 30 perusahaan. Job fair akan berlangsung di lantai enam aula RS AR Bunda Lubuklinggau. “Target kita 200 pencaker yang diterima diperusahaan dalam job fair itu,” bebernya.

Meski begitu, pihakya belum dapat melakukan pendataan untuk saat ini berapa setiap masing-masing perusahaan akan menerima pencaker. Namun pihaknya optimis, target 200 pencaker yang diterima akan lebih dari jumlah tersebut. “Yang kita targetkan 200, biasanya lebih dari itu,” pungkasnya. (dhiae)

 

Related posts

Leave a Comment