oleh

Langkah Awal, Fokus Benahi Struktur Organisasi

MUSI RAWAS, MS – Pembenahan struktur organisasi Karang Taruna (KT) hingga kedesa-desa bakal dilakukan sepanjang tahun 2021.

Pasalnya dari 14 kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Mura, baru dua kecamatan struktur organisasi KT dinyatakan lengkap hingga tingkat desa.

“Baru dua kecamatan yang sudah lengkap hingga kedesa-desa yakni Kecamatan Megang Sakti dan Kecamatan Purwodadi,” jelas Ketua KT Mura, M Al Amin. Minggu (3/10).

Sementara 12 Kecamatan lainnya yakni Muara Beliti, Tugumulyo, Sumber Harta, Selangit, Terawas, TP Kepungut, Jayaloka, Sukakarya, Muara Kelingi dan Muara Lakitan struktur organisasi belum terisi maksimal hingga ketingkatan desa.

“Sebenarnya aneh juga kenapa belum terbentuk hingga kedesa-desa, untuk itu tahun ini saya fokus membenahi struktur organisasi terlebih dahulu,” tambahnya.

Amin juga menegaskan dibawah kepemimpinannya KT Mura siap berjuang membantu memberdayakan pemuda Mura dengan maksimal. Menanamkan karakter yang kuat agar berkembang dan kreatif. Terus menggali pengalaman dan memiliki pemikiran maju.

“Sebagai organisasi plat merah, kami siap berperan serta mendukung semua program bupati khususnya bidang sosial kemasyarakatan,”tegasnya.

Amin menjelaskan, janji itu sesuai semboyan KT Aditya Karya Mahatva Yodha yang berarti siap menjadi pejuang berpengalaman yang bekerja cerdas dan berbudi luhur.

Sementara Bupati Mura, Hj Ratna Mahmud dalam arahannya mengucapkan selamat dan sukses kepada Pengutus KT Mura yang sudah dikukuhkan. Ia berharap semoga dapat memegang amanah ini dengan baik. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran pengurus KT Mura periode sebelumnya atas pengabdian selama ini.

Bupati berharap, pengukuhan KT Mura ini dapat menjadi momentum upaya penyempurnaan program kerja (proker) OPD dan kecamatan di lingkungan Pemkab Mura khususnya bidang sosial kemasyarakatan.

.”Banyak sekali program pemberdayaan masyarakat, pelatihan-pelatihan dan pengembangan UMKM. Saya minta OPD dan camat agar melibatkan karang taruna. Dengan begitu, pengurus KT di setiap tingkatan bisa memberi manfaat lebih banyak kepada Kabupaten Mura,” ujar bupati seraya menambahkan, Pengurus KT juga diminta aktif melakukan koordinasi dan komunikasi kepada OPD.

Ketua KT Sumsel, Yudha Novanza Utama dan Ketua MPKT Sumsel, Eva Susanti juga berkesempatan memberikan bimbingan dan arahan. Keduanya berjanji siap memberikan support kepada KT Mura termasuk berkaitan dengan alokasi anggaran.

“Karang Taruna diharapkan menjadi garda tepan dalam membangun kreatifitas pemuda, membuat inovasi terbaru, menggelar pelatihan-pelatihan dan pemanfaatan SDM dan SDA. Selain itu, kehadiran KT juga diharapkan memberikan solusi atas ancaman bahaya narkoba, radikalisme dan penyimpangan prilaku pemuda,” kata Eva.

Untuk diketahui, acara diawali dengan laporan ketua pelaksana, Redison Saka yang juga dipercaya sebagai Ketua Harian KT Mura. Kemudian pembacaan Surat Keputusan Bupati Mura Nomor 463/kpts/dinsos/2021 tanggal 20 Mei 2021. SK tersebut dibacakan Pengurus KT Mura diwakili Devi Harianto.

Sekedar menginformasikan prosesi pengukuhan dipimpin Bupati Mura, Hj Ratna Mahmud didampingi Waketum Pengurus KT Nasional, H Wahyu Sanjaya yang juga Anggota DPR RI, Ketua MPKT Sumsel, Eva Susanti juga menjabat Anggota DPD RI serta Ketua KT Sumsel, Yudha Novanza Utama dan Ketua MPKT Mura, M Febriansyah.

Momentum pengukuhan Pengurus KT Mura kali ini, dibarengi dengan acara Peringatan HUT Ke-61 KT se-Sumsel. Hadir pula Ketua DPRD Mura, Azandri, Wako Lubuklinggau diwakili Asisten III Kgs Feri, Kapolres Mura, sejumlah Ketua KT kab/kota di Sumsel, Kadinsos Mura selaku pembina fungsional, kepala OPD dan camat di lingkungan Kab Mura. (Dhia)

News Feed