You are here
Launching Pemanfaatan Limbah Pertanian, Bupati Rosjonsyah Kembali Salurkan Sembako BENGKULU HEADLINE 

Launching Pemanfaatan Limbah Pertanian, Bupati Rosjonsyah Kembali Salurkan Sembako

1

 

2LEBONG, MS – Bupati Lebong H Rosjonsyah SIP MSi tak henti-hentinya menunjukkan kepedulian kepada masyarakat Lebong di tengah Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease) saat ini.

Selasa, (30/6/2020), Bupati saat membuka secara resmi launching pemanfaatan limbah produksi pertanian yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong beserta beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) seperti AKAR Foundation dan AMAN (Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), di areal persawahan Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara.

Dalam kesempatan itu, Bupati kembali menyalurkan bantuan Sembako berupa beras, mie instan, minyak goreng dan kebutuhan lainnya kepada masyarakat Desa Tunggang.

3Inovasi yang ditunjukkan oleh DLH Kabupaten Lebong itu sendiri yakni terkait pemanfaatan limbah produksi pertanian sebagai hasil kerjasama pengembangan pemulihan lingkungan hidup untuk mendukung ketahanan pangan.

“Jika diibaratkan kita ini mau berangkat berperang, maka perut prajurit harus kenyang dulu. Nah, sekarang ini, kita semua bersama seluruh masyarakat Lebong tengah berperang dengan musuh yang tidak kasat mata yakni virus Covid-19. Oleh sebab itu, saya ingin memastikan bahwa masyarakat kita tidak ada yang kelaparan dalam perang melawan covid-19 ini,” sampai Bupati.

Selanjutnya, Bupati menegaskan bahwa dirinya sangat mendukung inovasi dari DLH Kabupaten Lebong dalam mengelola limbah produksi pertanian menjadi produk yang bermanfaat berupa pupuk kompos. Langkah tersebut tentunya akan menyokong ketahanan pangan di Kabupaten Lebong.

7Wujud dukungan itu, saat menyampaikan sambutan dan arahan, Bupati meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lebong untuk mengalokasikan anggaran pengadaaan mesin pencacah sebagai alat untuk mengelola limbah produksi pertanian berupa jerami.

“Ini semacam alutsista kita untuk menjaga ketahanan pangan. Tolong nanti Pak Sekda, upayakan agar alat ini bisa ditambah lagi,” ungkap Bupati. (ri/ril)

 

5

Related posts

Leave a Comment