You are here
Majunya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Perlu Didukung Kualitas SDM DAERAH HEADLINE 

Majunya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Perlu Didukung Kualitas SDM

MUARAENIM, MS – Majunya Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) perlu di dukung oleh kualitas SDM yang mumpuni dan kompeten serta di dukung oleh seluruh stakeholder didesa maupun daerah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas (Kadin) PMD Pemkab Muara Enim, Drs Emran Tabrani melalui Sekretaris Risman Efendi, Senin (9/3/2020).

“Untuk kemajuan BUMDES, selama ini terkendala dengan minimnya Kompetensi SDM didesa dalam hal pengelolaan,” ujarnya.

Masih kata Risman, Dinas PMD selalu menginstruksikan kepada setiap desa untuk memberikan pelatihan manajemen, kepada seluruh Pemerintahan Desa dan pengelolaan BUMDES. Untuk meningkatkan skill keahlian diberbagai bidang usaha seperti, agropolitan di kecamatan semendo, bengkel motor di kecamatan tanjung Agung.

“Dengan berbagai pelatihan manajemen dan skill kepada seluruh masyarakat pengelola BUMDES. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM, Omset BUMDES atau keuntungannya dapat digunakan kembali untuk menghidupkan perekonomian masyarakat desa,” tandasnya.

Sebelumnya Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH juga pernah menuturkan bahwa 250 desa yang ada di kabupaten Muara Enim semuanya telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Namun Juarsah, menekankan kepada seluruh kepala Desa (Kades) agar pengguna Dana Desa dapat lebih prioritas ke Pemberdayaan Masyarakat Desa dengan menghidupkan Ekonomi Masyarakat.

“Ya kami menegaskan agar setiap Desa bisa menghidupkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa, melalui BUMDES yang dapat menguntungkan masyarakat di desa. Dana Desa tidak harus lebih di bangunkan ke fisik namun lebih prioritas ke Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat untuk mewujudkan MuaraEnim yg Berdaya saing hingga bermuara ke kesejahteraan masyarakat,” ujar Plt Bupati Muara Enim. (al)

Related posts

Leave a Comment