oleh

Menjaga dan Melestarikan Tari Tradisional Bidang Kebudayaan, Disdikbud Gelar Workshop

LAHAT, MS – Lahat merupakan salah satu kabupaten yang kaya akan peninggalan sejarah seni dan budaya tradisional yang unik lagi menarik, untuk menjaga dan melestarikan kesenian itu Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan mengadakan workshop tari tradisional erai erai.

Kabupaten Lahat yang menjadi bagian dari provinsi Sumatera Selatan yang memiliki warisan budaya serta potensi seni budaya tradisional yang telah dikenal sampai manca negara yang sampai saat ini tetap dijaga oleh masyarakat kabupaten Lahat salah satunya adalah tarian erai erai.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Lahat Niel Aldrin SE MAP yang disampaikan oleh Kabid Kebudayaan Syaihul Azhar SE MM mengatakan,Tarian erai erai merupakan tarian muda mudi yang bersifat pergaulan, artinya bisa mengajak muda mudi untuk menari dan bukan merupakan tari yang bersifat seremonial semata.

” kabupaten Lahat telah menorehkan prestasi gemilang, dengan telah ditetapkanya tarian erai erai sebagai warisan budaya tak benda Indonesia pada pada tanggal 31 Agustus 2023 oleh kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi, artinya tarian erai erai telah diakui sebagai salah satu kesenian asli milik kabupaten Lahat,”terangnya.

Salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan kesenian ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui bidang budaya telah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah atas kegiatan workshop tari tradisional erai erai kabupaten Lahat yang dilaksanakan di hotel Grand Orchid pada hari Selasa 20 Februari 2024, pembinaan dan pelestarian budaya merupakan tanggung jawab bersama sebagai masyarakat kabupaten Lahat.

” Saya menghimbau kepada semua pihak elemen masyarakat untuk bersinergi menjaga dan membantu dalam upaya untuk melestarikan warisan budaya di kabupaten Lahat dapat terwujud ” kalu tidak sekarang kapan lagi , kalau tidak kita siapa lagi,”tutupnya.

News Feed