You are here
Meski Masa Pandemi, Danau Ranau Tetap Dikunjungi Masyarakat DAERAH HEADLINE 

Meski Masa Pandemi, Danau Ranau Tetap Dikunjungi Masyarakat

OKU, MS – Meskipun masa Pandemi Covid-19 dan adanya maklumat Kapolri objek wisata Danau Ranau tetap ramai dipadati masyarakat.

Berdasarkan pantauan media ini, Sabtu (02/01/2021) kawasan objek wisata danau Ranau terlihat ramai, padat dan antusias pengunjung dari berbagai daerah masih nekad mengunjungi tempat wisata Danau Ranau.

Diberbagai destinasi wisata sekitar kawasan danau ranau dimana ekskalasi lonjakan pengunjung (wisatawan) baik lokal kabupaten maupun regional dari berbagai kabupaten dalam dan luar Sumsel yang dipicu oleh adanya libur panjang Natal dan Tahun Baru ramai pengunjung. Meskipun ditengah situasi Pandemi Covid-19 yang seharusnya membatasi pergerakan masyarakat dalam skala besar yang pada akhirnya menyebabkan protokol kesehatan dalam pengendalian Covid tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Untuk melaksanakan penutupan kawasan wisata tersebut agar dapat berjalan dengan baik, maka Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melaksanakan penutupan akses masuk (razia) terhadap wisatawan di 3 (tiga) titik posko razia, antara lain :
1. Posko Simpang
2. Simpang Tiga Rantau Panjang Kec. Buay Rawan
3. Posko Kec. Warkuk Ranau Selatan

“Sesuai dengan surat edaran Satgas penanganan Covid-19 No :360/215/SATGAS/OKUS/2020 tentang Protokol Kesehatan orang perjalanan selama Liburan Natal dan Tahun Baru dalam Masa Pandemi COVID-19 dan menindaklanjuti kejadian ini kemudian dilaksanakan rapat terbatas antar bupati, kapolres, BPBD, Diskominfo dan Disparbud tentang penutupan kunjungan wisatawan ke danau ranau dan wisata lain di kawasan OKU Selatan yang menghasilkan keputusan bahwa 𝘀𝗲𝗹𝘂𝗿𝘂𝗵 𝗱𝗲𝘀𝘁𝗶𝗻𝗮𝘀𝗶 𝗽𝗮𝗿𝗶𝘄𝗶𝘀𝗮𝘁𝗮 𝘆𝗮𝗻𝗴 𝘁𝗲𝗿𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗱𝗶 𝘄𝗶𝗹𝗮𝘆𝗮𝗵 𝗢𝗞𝗨 𝗦𝗲𝗹𝗮𝘁𝗮𝗻 𝘁𝗮𝗻𝗽𝗮 𝘁𝗲𝗿𝗸𝗲𝗰𝘂𝗮𝗹𝗶 𝗵𝗮𝗿𝘂𝘀 𝗱𝗶𝘁𝘂𝘁𝘂𝗽 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝘀𝗲𝗺𝗲𝗻𝘁𝗮𝗿𝗮 𝘄𝗮𝗸𝘁𝘂 𝘀𝗮𝗺𝗽𝗮𝗶 𝘀𝗲𝗺𝘂𝗮 𝘀𝗶𝘁𝘂𝗮𝘀𝗶 𝗱𝗮𝗽𝗮𝘁 𝗸𝗲𝗺𝗯𝗮𝗹𝗶 𝘁𝗲𝗿𝗸𝗲𝗻𝗱𝗮𝗹𝗶,” ujar Syamsul salah satu warga sekitar.

Memang diakuinya, pengunjung Danau Ranau tidak hanya dari masyarakat OKU Selatan saja tapi banyak yang datang dari luar daerah. “Pengunjung sudah ramai sebelum libur Natal,” ungkapnya. (Andre)