oleh

Pemda Bengkulu Selatan Gelar Rapat Koordinasi Vaksinasi Covid-19

 

BENGKULU SELATAN, MS – Berhubungan sudah diterimanya vaksin Sinovac Covid-19 Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan menggelar rapat koordinasi vaksinasi Covid – 19. Rapat tersebut dipusatkan di ruang rapat Setda Bengkulu Selatan, Jumat (29/1/2021).

Rapat tersebut dipimpin oleh oleh Asisiten 1 Yunizar Hasan,SH dalam rapat rapat koordinasi tersebut turut hadir unsur Forkopimda dan Ketua MUI Bengkulu Selatan, KH Abdullah Munir M.Pd serta instansi teknis penanganan Covid -19. Hasil keputusan rapat disampaikan Asisiten 1 kepada awak media.

Dikatakan dia, bahwasanya benar vaksin sebanyak 3.120 vial sudah ada di Bengkulu Selatan dan siap untuk disalurkan ke pihak Rumah Sakit Hasanudin Damrah dan 14 Puskesmas yang ada disetiap Kecamatan. Penyaluran ini pembahasanya sudah final, karena hal tersebut suda dibahas bersama FKPD, MUI termasuk IDI dalam pelaksanaan penyuntikan vaksin.

“Dalam penyuntikan vaksin ini kita terlebih dahulu akan memfokuskan kepada tenaga kesehatan dan berkoordinasi tentang kepastianya dengan Bupati. Apakah penyuntikan ini akan dimulai tanggal 1 Februari, atau sebelum febuari. Sedangkan penyuntikan untuk masyarakat umum akan dilakukan secara bertahap,” pungkas Yunizar.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Bengkulu Selatan Siswanto,S,Sos. M.Si mengatakan saat ini Vaksin sudah ada di Gudang penyimpanan sebanyak 3.120 vial.

Dari jumlah vaksin yang ada akan dilakukan dua tahap penyuntikan untuk tahap pertama dimulai pada tanggal 1 Februari 2021 sedangkan untuk tahap kedua 14 Februari artinya dari tahap pertama ada selang dua minggu untuk penyuntikan vaksin tahap kedua.

“Dari 3120 vial ini untuk penyuntikan dua kali perindividu dengan pembagian untuk tahap pertama 1560 dengan petunjuk 10 untuk FKPD, 1540 untuk tenaga kesehatan yang ada di Rumah Sakit maupun di 14 Puskesmas di setiap Kecamatan, sedangkan 10 lagi untuk cadangan,” jelas Siswanto di Pemda Bengkulu Selatan usai menggelar rapat, Jum’at (29/01).

Mulai hari ini sekitar jam 2 nanti vaksin yang sudah ada akan langsung didistribusikan ke Rumah sakit Hasanudin Damrah dan seluruh Puskesmas dan disimpan didalam alat yang sudah disediakan serta nantinya vaksin – vaksin ini akan dijaga 1×24 jam oleh pihak puskesmas dan pihak keamanan dalam hal ini Polsek dan Koramil diwilayah puskesmas masing – masing.

Untuk perdana penyuntikan vaksin ini Dinas Kesehatan mengharapkan bahwasannya pejabat Pablik bisa terlebih dahulu divaksin, Dalam hal ini Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi baru nantinya diikuti oleh FKPD dan tenaga kesehatan.

“Tetapi bagi yang pernah terkonfirmasi positif Covid – 19 seperti Wakil Bupati Bengkulu Selatan.H.Rifai tajudin tidak akan mendapatkan vaksin. Karena termasuk didalam juknis 14 kreteria yang tidak boleh divaksin seperti yang sudah terkonfirmasi, Umur dibawah 18 tahun diatas 59 tahun, punya riwayat penyakit seperti jantung, kencing manis dan sebaginya,” terangnya. (Bajul/adv)

News Feed