You are here
Percepat Pembangunan, Muaraenim Jajaki Kerjasama “Sister City” dengan Jepang DAERAH HEADLINE 

Percepat Pembangunan, Muaraenim Jajaki Kerjasama “Sister City” dengan Jepang

MUARAENIM, MS – Pemerintah Kabupaten Muaraenim berencana menjalin kerjasama dengan Jepang guna mempercepat realisasi pembangunan yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

Rencananya kota Muaraenim jadi pilot project program yang diberi nama “Sister City” dalam berbagai bidang pengelolaan seperti perkotaan, pertanian, pendidikan serta teknologi bersama negeri matahari terbit.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Muaraenim, H Hasanudin yang ditemui saat memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Muaraenim, Senin (9/4/2018).

Sekda mengatakan, saat ini Pemkab Muaraenim kembali serius meningkatkan kerjasama dengan nagara maju seperti Jepang khususnya pada program sister city. Bahkan untuk mewujudkan hal ini, degelasi Kabupaten Muaraenim yang diketuai Bupati Muaraenim H Muzakir Sai Sohar telah bertolak ke Jepang, hari ini untuk memulai proses penjajakan kerjasama.

“Program sister city dengan Jepang pertama kalinya digarap. Melalui program ini kita dapat belajar banyak pengembangan kota disana yang tentunya akan disesuaikan dengan karakteristik Kabupaten Muaraenim,” kata Sekda.

Menurutnya, pendekatan kerja sama dilakukan dengan diawali Memorandum of Understanding (MoU) bersama lembaga dan instansi penting disana. Selanjutnya lembaga tersebut akan menindaklanjuti dan menggali sejumlah potensi daerah yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang.

“Kerja samanya meliputi berbagai bidang mulai perkotaan, pendidikan, pertanian serta yang tak kalah penting yakni teknologi, lewat program ini pemkab sekaligus juga ingin meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM),” paparnya.

Untuk diketahui, Sister City merupakan salah satu bentuk kerjasama antara pemerintah daerah yang ada di Indonesia dengan pemerintahan di luar negeri guna menumbuh kembangkan hubungan persahabatan saling menguntungkan antara kedua negara.

Konsepnya pertama kali sudah diterapkan sejumlah negara di Benua Eropa yang seiring perkembangannya muncul pula istilah lain yang sebut dengan Twin City atau Kota Kembar.
Sister city sendiri juga ada di Indonesia. Adapun konsep Sister City di Indonesia lebih menekankan pembangunan bidang ekonomi, pendidikan dan budaya.

Di Indonesia cukup banyak menerapkan skema kerja sama Sister City. Adapun Kerja sama Sister City yang ditawarkan dilengkapi program kegiatan yang sifatnya tetap dan terencana. (azw)

Related posts

Leave a Comment