You are here
Siak Belajar Replanting Kelapa Sawit ke Muba HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Siak Belajar Replanting Kelapa Sawit ke Muba

SEKAYU, MS – Kabupaten Siak, Provinsi Kepulauan Riau melakukan studi banding ke Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Dimana, dalam kunjungan itu Siak mendalami tentang pembangunan perkebunan khususnya peremajaan kebun kelapa sawit (replanting) yang di kelola oleh KUD. Acara itu sendiri dipusatkan di ruang rapat Serasan Sekate, Rabu (18/1/2017).

Rombongan Pemkab Siak dipimpin oleh Asisten II Setda Drs H Syafri Lenti, MSi yang didampingi Kadis Koperasi dan UMKM, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Kabag Pertanahan Setda Siak, kepala desa dan ketua Koperasi Unit Desa (KUD), diterima oleh Plt Bupati Muba yang diwakili Asisten II Ir Sulaiman Zakaria MT.

Asisten II Setda Pemkab Siak Drs H Syafri Lenti mengatakan kunjungan ke Muba menindaklanjuti pertemuan Bupati Siak dengan Muba dalam forum sawit Lestari beberapa bulan yang lalu.

“Dalam pembicaraan itu, mereka (bupati Siak dan Muba) berbincang mengenai program peremajaan sawit. Dimana Kabupaten Muba telah menerima bantuan dana dari BPDP Kelapa Sawit untuk peremajaan kebun kelapa sawit (replanting) yang di kelola oleh KUD,” ujar Syafri.

Untuk itu, lanjut Syafri, pihaknya ingin belajar banyak tertutama tentang replanting kelapa sawit, “Semoga apa ilmu yang didapat di Muba bisa diterapkan di Siak. Serta bisa menjadi solusi penyelesaian masalah replanting di Siak,” tukasnya.

Sementara, Asisten II Ir Sulaiman Zakaria MT mengucapkan selamat datang kepada seluruh rombongan Pemkab Siak. “Mudah-mudahan pertemuan ini dapat memberikan manfaat dalam memajukan bidang perkebunan didaerah masing-masing,” ungkap Sulaiman.

Kadis Perkebunan Muba Drs Iskandar Syahrianto MH dalam paparannya dihadapan rombongan Pemkab Siak menjelaskan bahwa Muba tahun ini akan segera merealisasikan peremajaan kelapa sawit seluas 4.610 hektar dengan jumlah petani 2.016 Kk yang dilakukan oleh empat KUD.

KUD Mukti Jaya seluas 2.502 hektar dengan 1.143 KK, KPKS Suka Makmur 822 hektar dengan 326 KK, KUD Sumber jaya Lestari 806 hektar dengan 317 KK, dan KPKS Tri Bakti Sentosa 480 KK dengan 230 KK.

“Lebih lanjut untuk teknisnya kita akan turun langsung meninjau ke salah satu KUD di Kecamatan Sungai Lilin, dengan harapan dapat memberikan gambaran ril tentang kondisi persiapan kita dilapangan,” ungkap Iskandar. (ady/ril)

Related posts

Leave a Comment