You are here
Tiga Paslon Lolos Tes Kesehatan HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Tiga Paslon Lolos Tes Kesehatan

LUBUKLINGGAU-Ketiga pasangan bakal calon (Balon) walikota dan wakil walikota Lubuklinggau priode 2018- 2023 dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh ketua KPU Kota Lubuklinggau Efriadi Suhendri ketika usai membacakan sidang pleno hasil test kesehatan jasmani dan rohani dikantor KPU Kota Lubukinggau.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya ketiganya memenuhi syarat dan akan mengikuti tahap selanjutnya,” katanya pada sejumlah awak media, Rabu (17/1).

Namun dari ketiga pasang calon yakni H SN Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar, H Rustam Efendi dan Riezky Aprilia serta paslon dari jalur perseorangan yakni H Toyeb Rakembang dan Sofyan yang dinyatakan lulus ketahap selanjutnya.

Untuk paslon H Toyeb Rakembang dan Sofyan dinyatakan masih kurang syarat dukungan dan dipersilahkan untuk melengkapi syarat dukungan yang masih kurang.

Karena jumlah dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang disyaratkan oleh KPU berjumlah 15.450 KTP, namun setelah dilakukan verifikasi jumlah dukungan yang syah hanya berjumlah 14.422 KTP.

“Mereka harus melengkapi minimal 1.028. Jadi jumlah dukungan perbaikan itu harus melebihi dukungan minimal. Kita tunggu sampai tanggal 18 -20 Januari dukungan perbaikan itu,” ujarnya.

Lanjutnya, nanti setelah dukungan itu selesai akan diserahkan oleh PPS melalui PPK. Kemudian PPS akan melakukan verifikasi faktual dan PPK akan melakukan rekapitulasi, selesai itu kemudian diserahkan kepada KPU.

“Nanti KPU juga akan melakukan rekapitulasi. Toh nanti akan ketahuan juga apakah memenuhi syarat atau tidak atas hasil yang telah dilakukan PPS itu,” katanya.

Kemudian tahapan selanjutnya pada tanggal 20 Januari mendatang komisioner KPU dan jajaran staf akan melakukan coklit di kediaman masing-masing calon yang mempunyai hak pilih berdasarkan KTP masing-masing.

“Masing-masing rumah warga di datangi dan akan dipasang stiker, sebagai bukti warga tersebut sudah di coklit,” ucapnya.

Sementara menyikapi kurangnya KTP dukungan tersebut pasangan H Toyeb Rakembang dan Sofyan optimis jika KTP syarat dukungan yang masih kurang itu bisa terpenuhi sampai dengan batas waktu yang disyaratkan.

“KTP dukungan yang kita siapkan kurang lebih 7.000. Sementara yang kurang hanya 1.028 tapi yang akan kita antar akumulasinya 2.056 KTP,” ucap Toyeb.

Untuk itu, bagi siapa yang mengatakan paslon Toyeb dan Sofyan (TOS) tidak serius itu tidak benar. Karena sekali kapal berlayar lepas dari dermaga pantang surut untuk kembali lagi.

“Karena sekarang kita sudah bakar kapal dan mundur sebagai dewan untuk bangun kota Lubuklinggau jadi lebih baik,” ungkapnya.

Sedangkan pasangan SN Prana Putra Sohe dan Sulaiman Kohar biasa disebut (Nansuko) sudah menduga kalau keduanya akan dinyatakan memenuhi syarat KPU dan akan lanjut tahap selanjutnya.

Nanan menyatakan, hal itu menyusul proses pencalonan yang diikutinya kali ini bukanlah yang pertama melainkan sudah tahap yang kedua. Untuk itu, ia sudah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari.

“Alhamdulillah hasil kelengkapan berkas memenuhi syarat. Karena proses ini sudah yang kedua kalinya bukan yang pertama, bagi kami, untuk sakit semua orang punya penyakit, kecuali jangan sampai narkoba,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Rustam Efendi dan pasangannya Riezky Aprilia mengatakan jika keduanya bersyukur bisa lanjut tahap selanjutnya, dan ia mendoakan semoga mereka bertiga bisa sama-sama lolos.

“Kalau tidak lengkap dan tidak sehat tidak sampai ke Palembang. Tahapan selanjutnya kita serahkan kepada KPU. Mudah-mudahan lolos semua sampai tanggal 12 Februari penetapan calon,” ujarnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment