You are here
Tim Tantura Ringkus Pungli HEADLINE KRIMINAL 

Tim Tantura Ringkus Pungli

PRABUMULIH, MS – Anggi (25) warga Simpang Tiga Gunung Kemala, Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih harus berurusan dengan polisi. Pasalnya, pelaku telah melakukan aksi pungutan liar (Pungli) terhadap  kendaraan angkutan barang yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Patih Galung, Kecamatan Prabumulih Barat, Sabtu (3/6/2017) sekitar pukul 00.30 WIB.

Selain mengamankan pelaku, polisi berhasil menyita barang bukti berupa uang hasil pungli senilai Rp 180 ribu dan satu unit sepeda motor milik pelaku. Akibat dari perbuatannya, pelaku beserta barang bukti kemudian di bawa ke Mapolres Prabumulih.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SIK menuturkan, penangkapan pelaku hasil dari tim Bintara Remaja Tangguh Patuh Trengginas (Tantura) Polres Prabumulih saat melakukan patroli.

Ketika itu, tim Tantura melihat pelaku bersama tiga orang rekannya sedang menghalangi kendaraan angkutan barang yang melintas di tempat kejadian perkara (TKP) dengan meminta uang. “Saat kita tangkap, hanya pelaku Anggi berhasil diringkus. Sedangkan tiga pelaku lain berhasil melarikan diri,” ungkap Andi.

Dalam penangkapan itu juga, petugas berhasil mengamankan barang bukti uang Rp180 ribu dan satu unit sepeda motor milik pelaku. “Pelaku dan barang bukti langsung kita bawa ke Mapolres Prabumulih,” ujarnya.

Dalam melakukan aksinya, menurut Andi, modus yang digunakan yakni menyoroti setiap mobil angkutan barang menggunakan senter. Melalui aba-aba tersebut pelaku kemudian memaksa supir untuk memberi uang. Bahkan pelaku tak segan-segan untuk mengancam dan melakukan kekerasan. “Aksi ini sudah lama tidak terjadi lagi. Tapi, kali ini mereka (pelaku, red) kembali beraksi. Terpaksa kita tindak tegas,” pungkas Andi.

Sementara itu, pelaku Anggi mengakui perbuatannya tersebut. “Kami itu iseng saja melakukan pungli terhadap mobil angkutan barang. Ya, hasil uang tersebut kami bagi rata,” ujarnya. (nor)

Related posts

Leave a Comment