You are here
216 PMI Pulang ke Kampung Halaman DAERAH HEADLINE 

216 PMI Pulang ke Kampung Halaman

ASAHAN – 216 orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Asahan yang bekerja di Negeri Jiran Malaysia akhirnya bisa pulang kekampung halamannya.

Kepulangan (PMI) Asal Asahan ini disambut oleh Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Dandim 0208 Asahan, Danlanal Tanjung Balai Asahan, Kapolres Asahan, Kapolres Tanjung Balai, KSOP Tanjung Balai dan Bea Cukai Tanjung Balai Karimun di Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis malam sampai di Kisaran pada pukul 02.15.Wib, Jumat, (03/07/2020).

Bupati Asahan H Surya BSc, mengatakan bahwa jumlah PMI yang dipulangkan ke Indonesia berjumlah 216 orang yang terdiri dari 208 PMI Asal Asahan dan 8 orang dari KBRI.

“Untuk pemulangan para (PMI) ini tidak ada dipungut biaya sama sekali, semua biaya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Asahan sedangkan untuk proses pemulangan (PMI) Pemerintah Kabupaten Asahan bekerja sama dengan KBRI di Kuala Lumpur Malaysia dan Indonesia Diaspora Network Chapter Malaysia,” ujarnya.

Bupati Asahan juga mengatakan sempat terjadi penundaan pemulangan (PMI) ini yang disebabkan adanya permasalahan administrasi.

“Ya, sempat terjadi penundaan pemulangan (PMI) ini, yang seharusnya Kembali ke Kabupaten Asahan pada hari Rabu (01/07/2020), tetapi karena adanya permasalahan administrasi di Malaysia akhirnya (PMI) baru bisa kembali ke Kabupaten Asahan pada hari ini,” ungkap Bupati Asahan.

Untuk pemulangan (PMI) ini Bupati Asahan mengatakan, tidak ada paksaan dari manapun, semua atas keinginan mereka sendiri, Hal ini disebabkan karena di Negeri Jiran Tetangga Malaysia diberlakukannya Lokcdown yang disebabkan oleh wabah Covid-19, yang berdampak dengan pekerjaan mereka disana.

“Pemerintah Kabupaten Asahan merasa prihatin dengan keadaan mereka, sehingga Pemerintah Kabupaten Asahan memfasilitasi kepulangan mereka,” ungkapnya.

Selanjutnya Bupati Asahan menuturkan untuk para PMI yang baru pulang ini akan dibawa ketempat karantina yang berada di Kolam Renang Pemkab Asahan, dan setelah sampai disana para (PMI) ini akan diantar oleh Camatnya masing-masing.
“Nanti camat serta puskesmas setempat akan mengontrol keadaan para PMI tersebut sampai batas waktu yang telah ditentukan,” pungkasnya.

Kepada Pemerintah Kota Tanjung Balai, Bupati Asahan mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada kami Pemerintah Kabupaten Asahan dalam proses pemulangan (PMI) ini.

“Kepada masyarakat Kabupaten Asahan saya berharap dapat mematuhi himbauan yang diberikan oleh Pemerintah dan selalu menerapkan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19,” tutup Bupati Asahan. (Andika)

Related posts

Leave a Comment