You are here
Bumdes Jeranglah Rendah Terus Bebenah BENGKULU HEADLINE 

Bumdes Jeranglah Rendah Terus Bebenah

BN 6

BENGKULU SELATAN, MS – Guna mengetahui maju mundurnya Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) warga Desa Jeranglah Rendah Kecamtan Manna, meminta pengurus Bumdes memberikan laporan kegiatan tahunan.

Musyawarah laporan Bumdes, digelar di Kantor Desa Jeranglah Tinggi Rabu (16/9/2020) dihadiri BPD, Tokoh masyarakat, Pemuka Agama, Warga Desa dan Kades berserta jajaranya.

Dalam sambutanya Kepala Desa (Kades) Jeranglah Rendah Endy Wijaya menyampaikan laporan hasil kerja kepada seluruh peserta musyawarah.
“Seyogyanya pengurus Bumdes ini melaporkan hasil kerjanya, setiap akhir tahun kepada Pemerintah Desa, dan Pemdes akan berkordinasi dengan BPD,”pungkas Endy Wijaya.

Didalam bermusyawarah, lanjut Kades, ia meminta saran maupun kritikan untuk kemajuan Bumdes.
“Setelah pengurus Bumdes melaporkan hasil kerjanya selama satu tahun ini, namun keselisihan pendapat dalam musyawarah jangan dibawak sampai keluar musyawarah. Karena selisih pendapat dalam musyawarah itu hal yang biasa dan dalam musyawarah inilah sebagai pembelajaran kita berdemokrasi,” ujar Kades.

Laporan kinerja kegiatan Bumdes disamapikan langsung oleh Junali sebagai Ketua Bumdes, semenjak dana Bumdes yang dikucurkan setahun yang lalu sebesar Rp100.000.000 sesuai dengan proposal usulan pengurus Bumdes.

Menurut Junali usaha Bumdes saat ini bergerak dibidang penggemukan sapi.
“Pembelian sapi yang dibeli Bumdes tahun lalu sebanyak 5 ekor dengan harga Rp 7.000.000 juta /ekor dan saat ini sudah kita jual dengan nilai Rp. 8.000.000 juta/ekor. Jadi secara kakulasi perhitungan ditahun ini Bumdes mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 5.000.000 juta,” terang Junali.

Namun hasil keputusan musyawarah berdasarkan permintaan warga sementara ini kegiatan Bumdes diminta untuk diistirahatkan sejenak. Dikarenakan belum adanya laporan kepengurusahan oleh Bumdes lama sebelum era kepemimpinan Junali dan kawan-kawan.

Yang mana sebelumnya Bumdes Jeranglah Rendah bergerak dibidang Simpan Pinjam. (bajul)

Related posts

Leave a Comment