oleh

Debit Air Sungai Komering Meluap, Warga Tinggal di Bantaran Sungai Was-was, Banjir Melanda

OKUTIMUR, MS – Debit air sungai komering meluap, Warga yang tinggal dibantaran sungai yang berada di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Timur was-was lantaran trauma permukimannya terdampak banjir.

Meluapnya debit air sungai komering dipicu karena sejak selasa siang hingga malam diwilayah hulu ke hilir diguyur hujan.

Saat ini debit air sungai komering semakin meningkat, meski kenaikan debit air tidak seperti ketika banjir beberapa tahun lalu, namun warga was-was dan trauma.

Bahkan, saat ini sebagian permukiman warga yang rumahnya berada dibantaran sungai komering (Tekom) Kecamatan Martapura, Desa Tanjung Kemala sudah ada yang mulai tergenang banjir.

Kiki salah satu warga rumahnya yang berada dibantaran Sungai Komering, Kecamatan Martapura mengatakan, bahwa kondisi debit air sungai komering saat ini meningkat, dan membuat kami warga yang rumahnya berada dibantaran sungai menjadi was-was.

“Saat ini kami terus memantau kondisi air. Warga trauma, disini selalu siaga, takutnya debit air sungai terus naik,” cetusnya.

Sementara, Sekdes Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura Agus Cik, membenarkan bahwa saat ini debit air sungai komering meluap.

“Meluapnya debit air sungai komering lantaran sejak selasa siang diwilayah hulu diguyur hujan. Hal ini penyebab sungai komering meluap dan mulai memasuki wilayah permukiman warga,” katanya.

Dikatakan, saat ini debit air yang naik dan memasuki daerah permukiman warga sekitar 30 cm setera dengan betis kaki orang dewasa.

Untuk itu, dirinya mengajak warga untuk selalu waspada dan selalu siaga memantau kondisi air tersebut.

“Walaupun saat ini debit air mulai surut namun kita tetap harus waspada, karena berdasarkan informasi di daerah hulu saat ini hujan masih terus berlanjut,” pungkasnya. (Boy)

News Feed