oleh

Utuskan 1 Model, 2 Item Khas Komering Tampil di Parade Kriya dan Kirab Budaya HUT Dekranas ke- 44

OKUTIMUR, MS – Hadiri perayaan HUT Dekranas ke- 44 yang digelar di ruas Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta, pada Rabu (15/5/2024).

Ketua Dekranasda Kabupaten OKU Timur dr. Sheila Noberta, Sp.A. M.Kes, utuskan satu perwakilan dari OKU Timur untuk dijadikan model megenakan baju adat komering pada Parade Kriya dan Kirab Budaya.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten OKU Timur turut ambil bagian dari kegiatan ini, karena ini merupakan etalase untuk kita mengenalkan budaya yang ada di OKU Timur ke seluruh Indonesia.

“Untuk itu , Pemkab OKU Timur mengutus satu perwakilan yang dijadikan model untuk megenakan baju adat komering, karena Even nasional ini dihadiri oleh Ketua Dekranasda se-Indonesia dan disaksikan oleh masyarakat luas. Tentu ini kesempatan yang baik,” katanya.

Dikatakan, dalam Parade Kriya dan Kirab Budaya ini diikuti oleh 38 Provinsi di Indonesia.

“Parade ini dibuka langsung oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan dihadiri oleh Ibu Wury Ma’aruf Amin beserta OASE Kabinet Indonesia Maju,” ujarnya.

Sementara itu, Tim Jambore Budaya Latifa Amaliyah menjelaskan, ada beberap model pakaian adat yang ditampilkan dalam kirab budaya ini.

“Diantaranya seperti baju adat komering, baju angkinan, songket bidak khas komering, mahkota utama, pilis pandan, kembang juntai, cempaka lima, bubga rampai kepala,” jelasnya.

Ia mengatakan, dalam parade ini, yang menjadi identitas komering dalam kostum tersebut adalah 2 selendang dan pilis pandan.

“Selendang songket, selendang kain bidak dan pilis pandan, 2 item itu merupakan identitas komering,” pungkasnya. (Boy)

News Feed