oleh

Dinkes Gelar Sosialisasi Seviks dan Kanker Payudara

LAHAT, MS – Kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan penyakit yang tidak menular tertinggi di Indonesia, yang menjadi penyebab kematian, salah satu langkah untuk mengendalikan kedua kangker itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat adakan sosialisasi kanker serviks dan kanker payudara, bertempat hotel Calista Lahat, Kamis(09/12/21).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufik Mariansya Putra SKM MKes yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat menyampaikan kanker payudara dan kanker leher rahim menjadi salah satu masalah utama pada Kesehatan perempuan di dunia.

” Alasan utama meningkatnya kedua kanker tersebut di negara berkembang adalah karena kurangnya program penapisan (screening) yang efektif,” jelasnya.

Kematian pada kasus kedua kanker di atas pada negara berkembang duakali lebih besar dibandingkan negara maju, hal ini terjadi selain karena kurangnya program penaptsan serta rendahnya kemampuan dan aksesibilitas untuk pengobatan.

Upaya mengendalikan penyakit tersebut diperlukan penanggulangan terpadu harus sejak dari puskesmas.

“Untuk di Kabupaten Lahat upaya deteksi dini yang dilakukan dalam pengendalian kanker melalui pemeriksaaan IVA dan CBE, pemeriksaan payudara secara klinis oleh tenaga kesehatan terlatih,” jelasnya.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang mengatakan kanker payudara dan kanker leher rahim merupakan kanker yang kerap menyerang wanita,oleh sebab itu dengan melakukan deteksi sejak dini peluang kesembuhan dapat meningkat.

Untuk kanker payudara dapat di lakukan dengan cara pemeriksaan klinis oleh dokter atau bidan dan pemeriksaan payudara sendiri.

Sedangkan untuk mendeteksi kanker leher rahim salah satunya dengan IVA test atau pemeriksaan IVA yang artinya sebagai pemeriksaan awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker leher rahim serta mencegah terjadinya komplikasi.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini kedepan wanita-wanita semakin menyadari akan pentingnya IVA test untuk mendeteksi penyakit secara dini.”harapnya

Sementara Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Aiwa Marlina SKM MM menambahkan bahwa sosialisasi ini guna mengajak para perempuan melalui peserta sosialisasi untuk mendeteksi dini mengenai penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara

” kedepannya adanya upaya para wanita untuk deteksi dini kangker leher rahim dan payudara,” tutup Aiwa.

News Feed