oleh

FEB UBL Beri Pembekalan 200 Mahasiswa Siap Magang

BANDAR LAMPUNG, MS – Sebagai bentuk pematangan para mahasiswa dari dua program studi (prodi) sebelum terjun magang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bandar Lampung (FEB UBL) memberikan Pembekalan Magang kepada 200 mahasiswa FEB UBL, untuk tahun akademik 2016/2017, di Aula Gedung F, Kampus A, Drs H RM Barusman, Kamis, (13/7/2017).

Kegiatan ini dibuka Dekan FEB UBL Dr Andala Rama Putra Barusman, SE, MAEc, dihadiri Sekretaris FEB Khairudin, SE MSi Akt, Kaprodi Manajemen Dr Iskandar Ali Alam, SE, MM ; Kaprodi Akuntansi Aminah, SE MS Ak hingga para dosen didua prodi FEB UBL.

Dekan menyebut magang akan dilakukan para mahasiswa FEB UBL di perusahaan maupun instansi pemerintah, yang tersebar di dalam maupun luar Kota Bandar Lampung. “Ini bentuk kegiatan wajib, rutin diadakan tiap tahun. Kegiatan magang ini diikuti oleh mahasiswa yang telah menempuh minimal 100 SKS,” imbuhnya.

Dr Andala Barusman menambahkan, pembekalan ini juga menjadi salah satu syarat bagi para mahasiswa agar proses dan hasil magang nanti sesuai dg yang diharapkan. Jangka waktu pemagangan selama 6 minggu. Dimulai 17 Juli-30 Agustus mendatang. Lewat pembekalan ini, kami (FEB) memberikan berbagai panduan yang harus mereka ikuti,” ujarnya.

Dr Andala membeberkan panduan tersebut, terkait prosedural kerja, tata tertib, aturan, pemenuhan hak, hingga melaksanakan kewajiban. Termasuk dalam pembuatan laporan pemagangan, termasuk proses evaluasi dari dosen pembimbing dan penilaian pengguna ditempat para mahasiswa magang.

Dalam pembekalan kali ini, Dekan bersama jajaran menekankan khusus agar para mahasiswa dapat mengembangkan soft skillnya. Karena dari sisi hard skill sudah didapatkan mahasiswa dalam proses kegiatan belajar mengajar (PKBM), diinternal kampus, mencakup teori maupun praktek dari mata kuliah.

“Pembelajaran lapangan ini, difokuskan pada pematangan implementasi konsep soft skill-nya. Seperti kedisplinan, kejujuran, kerja keras, kedewasaan sikap, keterbukaan, kematangan mental, maupun berbagai hal teknis-non teknis lain, yang tidak didapatkan dikelas,” ujarnya.

Ditahun ini pula, Dr Andala memastikan kerjasama pemagangan dengan 84 lembaga mitra magang mahasiswa, dipastikan bertambah. Karena pihak perusahaan merasa puas dengan eksistensi kerja, hingga prestasi para mahasiswa magang.

“Sehingga lebih banyak variasi (pilihan) tempatnya.  Bahkan ada beberapa perusahaan saling merekomendasikan mahasiswa kita buat direkrut magang. Bahkan, langsung bekerja menjadi karyawan, pegawai dan staf ditempat tersebut,” imbuhnya.

Tak lupa, Dekan FEB membawa petuah Rektor UBL Dr Ir M Yusuf  S Barusman, MBA yang berharap para mahasiswa magang melaksanakan kewajiban sebaik mungkin. “Kalian (mahasiswa) harus bisa membuktikan diri dan mampu (bekerja) sesuai harapan instansi. Intinya, jangan kecewakan kepercayaan (magang) ini. Karena kalian membawa membawa nama baik kampus,” tutup Rektor. (sal/ril)

 

News Feed