oleh

Galakan Tanam Buah, Sayur dan Toga Dipekarangan

LUBUKLINGGAU, MS –  Sejumlah warga di Rukun Tetangga (RT) 4, wilayah Kelurahan Karya Bakti, Kecamatan Lubuklinggau Timur II menggalakan kegiatan menanam tanaman buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman obat-obatan (Toga) dipekarangan rumah mereka masing-masing.

Pihak Kelurahan Karya Bakti mendukung kegiatan yang dilakukan warga di RT 4 tersebut. Bahkan sebagai wujud dukungan terhadap warga, rencananya pihak Kelurahan akan menyiapkan lahan kosong sekitar satu kapling sekitar lingkungan warga sebagai tempat pembibitan tanaman.

“Jadi warga lainnya bisa mengambil bibitnya dari situ nanti untuk ditanam dipekarangan rumah,” kata Lurah Karya Bakti, Evan Oktavianus.

Menurut dia, diwilayah Kelurahan Karya Bakti terdapat sembilan RT. Dan dari sembilan RT tersebut, ada beberapa lahan yang kosong. Namun pemilik lahan kosong itu kebanyakan tidak tinggal dilingkungan tersebut dan menetapnya diwilayah lain. Sehingga terkendala untuk berkoordinasi pemanfaatan lahan tempat pembibitan. “Kita bertahap melaksanakan kegiatan tanam-tanaman di pekarangan rumah,” bebernya.

Lebih lanjut, sebagian warga di RT 4 telah mengembangkan tanaman buah-buahan seperti markisa. Disamping itu, adapula sayur-sayuran seperti kol, cabai dan kisik. Termasuk dengan mengembangan toga.

Sementara itu Camat Lubuklinggau Timur II, Tegi Bayumi menjelaskan kegiatan menanam buah-buahan, sayur mayur dan toga dipekarangan rumah disamping bentuk kepeduliaan terhadap lingkungan, juga membantu ekonomi keluarga. “Kan menyikapi harga kebutuhan seperti sayur dan cabai. Adanya ini, bisa ekonomis,” jelasnya.

Selain itu, pihak Kecamatan juga berencana untuk membuat gazebo dilingkungan warga yang nantinya sebagai tempat bersilaturahmi sekaligus tukar menukar informasi berkaitan dengan tanam-tanaman. Khususnya para Ibu-ibu dapat meluangkan waktunya di gazebo. “Jadi menanam buah-buahan, sayur dan toga lebih ekonomis dan higienis dipekarangan rumah. Karena pakai pupuk kandang,” pungkasnya. (dhiae)

 

News Feed