You are here
Harga Kebutuhan Pokok Kembali Normal DAERAH HEADLINE 

Harga Kebutuhan Pokok Kembali Normal

LUBUKLINGGAU, MS – Sepekan lebih pasca lebaran hari raya Idul Fitri 1438 H, terpantau kini harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Lubuklinggau sudah kembali normal seperti biasa, semisal daging, ayam, cabai dan bawang yang sempat diketahui menjelang lebaran sempat naik drastis.

Sejak tiga hari terakhir, yang mulai mengalami penurunan semisal daging sapi di Pasar Inpres yang perkilonya antara Rp 110 ribu sampai Rp 125 ribu, padahal sebelumnya perkilo jelang lebaran antara Rp 130 ribu sampai Rp 150 ribu. Sedangkan, ayam potong juga kembali normal, yakni perkilonya sekitar Rp 32 ribu, sebelumnya sempat mencapai Rp 35 ribu.

“Sudah kembali turun seperti biasa selesai lebaran, kira-kira tiga hari terakhir, termasuk juga ‎harga bawang sama cabai juga sudah kembali normal,” ungkap Yusnaini (35), salah seorang pedagang di Pasar Inpres Lubuklinggau.

Sementara itu, Kepala Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Lubuklinggau, H M Hidayat Zaini mengaku, penurunan harga memang seringkali terjadi setelah hari raya idul fitri. Itu dikarenakan, menurunnya permintaan dari masyarakat. “Saat ini masyarakat lebih memilih untuk mengkonsumsi sayur-sayuran ketimbang daging.‎ Jadi, wajar bila harga-harga sekarang mengalami penurunan,” jelasnya.

Meski demikian, ‎pihaknya tetap akan melakukan peninjauan harga-harga kebutuhan sembako di pasar tradisional. Hal itu, sebagai langkah mencegah kemungkinan-kemungkinan masih adanya pedagang nakal. “Rencananya minggu-minggu ini kita akan kembali meninjau harga-harga di pasaran, khususnya untuk sembako,” ungkapnya. (dhiae)