oleh

KPU Diserbu Ribuan Massa, Dua Pasang Balon Kandidat Daftarkan Diri

LUBUKLINGGAU, MS -Dihari kedua jadwal pendaftaran balon kandidat walikota dan wakil walikota Lubuklinggau periode 2018-2023, dua pasang balon kandidat wako dan wawako mendaftarkan diri ke KPU Kota Lubuklinggau. Dua pasang balon kandidat tersebut yakni H Toyeb Rakembang yang berpasangan dengan Sofyan maju melalui jalur perseorangan dan calon kandidat wako dan wawako petahana yakni H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohar. Selasa (9/1).

Sementara pasangan balon kandidat wako dan wawako lainnya yakni H Rustam Effendi dan H Riezky Aprilia yang diusung oleh dua parpol yakni PDI Perjuangan dan PPP dikabarkan akan mendaftarkan diri dihari terakhir pendaftaran atau Rabu (10/1) setelah melaksanakan deklarasi pemenangan.

Iringan tiga kesenian tradisional mulai dari tanjidor, reog ponorogo hingga kesenian khas minang tambur meramaikan sekretariat KPU, menghantarkan pasangan petahana mendaftar ke KPU Kota Lubuklinggau diikuti pengurus dari sembilan partai pengusung yakni Golkar, PKS, PBB, PKB, Gerindra, Hanura, Demokrat, Nasdem, PAN dan ribuan simpatisan yang dikenal dengan jargonnya Nansuko.

Pasangan Nansuko naik singo barong reog ponorogo sampai didepan pintu sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Pemandangan ini tampak berbeda saat pasangan independen Toyeb Rakembang-Sofyan datang yang hanya diiringi ratusan simpatisan. Namun Toyeb dan Sofyan yang jadi calon kandidat pertama yang mendaftarkan diri ke KPU Kota Lubuklinggau harus menelan pil pahit lantaran berkas pencalonannya dikembalikan oleh KPU Kota Lubuklinggau lantaran dua persyaratan belum dilengkapi.

Kepada koran ini Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendi menjelaskan kalau berkas pencalonan pasangan independen Toyeb Rakembang-Sofyan ada dua persyaran yang kurang. Kita tunggu sampai Rabu (10/1) pukul 23.59 Wib untuk segera dilengkapi, namun bila tidak pasangan non partai ini gugur dengan sendirinya.

“Belum ada surat keterangan tidak pailit yang dikeluarkan Pengadilan Niaga dan surat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang dikeluarkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” Jelasnya.

Sementara balon kandidat wako 2018-2023 jalur independen, Toyeb Rakembang menjelaskan hari ini juga dirinya akan berangkat ke Jakarta untuk melengkapi dua berkas yang kurang.

“Bila dua persyaratan yang kurang bisa saya lengkapi artinya Allah menakdirkan saya untuk menang,”tambahnya.

Disinggung mengenai surat pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Kabupaten Mura politikus dari Partai Amanat Nasional menjelaskan sudah mengajukan surat pengunduran diri sebagai anggota legislatif.

“Surat pengunduran diri sudah saya ajukan ke DPRD Kabupaten Mura dan sampai sejauh ini masih dalam proses,” jelasnya.

Lain halnya dengan Nansuko yang berkasnya dinyatakan lengkap saat menggelar realease di Media Center KPU Lubuklinggau menjelaskan siap mengikuti tahapan KPU Kota Lubuklinggau selanjutnya mulai dari tes kesehatan hingga pengundian nomor urut.

“Kedepan kami akan kedepankan pola kesederhanaan, dari sekian banyak persyaratan untuk pencalonan hampir semuanya mudah untuk dilengkapi dan tidak memakan waktu. Menyikapi adanya tim lawan yang terus melakukan pergerakan silahkan saja itu strategi masing-masing balon kandidat. Dari banyaknya parpol yang mendukung saya yakin bisa memenangkan perhelatan akbar lima tahunan ini,” jelas Nanan.

Dengan banyaknya parpol yang bergabung mendukung Nansuko jilid 2 diharapkan mampu membuat perbedaan perolehan suara yang signifikan dibanding balon kandidat lain.

“Saya tidak mematok tapi optimis dan yakin bisa menang,sengaja daftar ditanggal 9 sesuai dengan parpol pengusung. Mudah-mudahan ini angka hoki yang akan mengantarkan saya kembali memimpin Lubuklinggau lima tahun kedepan,” pungkasnya. (dhiae)

News Feed