oleh

Waw.. 30 Perusahaan Nunggak Iuran BPJS, Tunggakan Capai Rp350 Juta

PRABUMULIH, MS – Sebanyak 30 perusahaan menunggak pembayaran iuran Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Adapun total tunggakan mencapai Rp 350 jutaan.  Terkait hal itu, pihak BPJS Ketenagakerjaan Prabumulih telah menyurati seluruh perusahaan yang menunggak tersebut.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Prabumulih, Sofyan Umri SE mengatakan, pihaknya mengedepankan pendekatan persuasif dan berharap agar perusahaan yang menunggak tersebut menunaikan kewajibannya.

“Namun bila nanti tim Wasrik (pengawas dan Pemeriksa) sudah turun, maka kasus ini akan kita limpahkan ke kejaksaan. Hal itu karena BPJS Ketenagakerjaan Prabumulih telah memiliki kesepakatan dengan pihak kejaksaan negeri (Kejari) Prabumulih,” ujarnya akhir pekan kemarin.

Masih kata Sofyan, bila kasus tersebut telah ditangan kejaksaan, maka pihaknya tidak akan turut campur dan menyerahkan sepenuhnya masalah tunggakan tersebut. “Biarlah mereka berhadapan dengan pihak kejaksaan, karena kita menganggap mereka sudah tak mempunyai itikad yang baik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Prabumulih, M Husen Atmaja SH MH, melalui Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) M Anthoni SH menerangkan, pihaknya berkewajiban membantu pihak BPJS Ketenagakerjaan dikarenakan mengambil posisi sebagai penegcara negara.

“Kalau berkas dari BPJS Ketenagakerjaan sudah dilimpahkan, maka pastinya akan segera kita tindak lanjuti masalah tunggakan perusahaan tersebut,” ujarnya.

Disebutkannnya pula, bahwa kejaksaan akan memanggil para perusahaan tersebut, agar menyelsaikan kewajibannya dalam membayar tunggakan BPJS Ketenagakerjaan. “Kita akan undang dan memanggil pihak – pihak dalam perusahaan tersebut,” pungkasnya. (nor)

News Feed