You are here
Bupati Muaraenim Hadiri RUPS PTBA DAERAH 

Bupati Muaraenim Hadiri RUPS PTBA

MUARAENIM, PUBLIKZONE — Bupati Muaraenim, Ir. H. Ahmad Yani, MM menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan PT Bukit Asam (PT BA) (Persero) Tbk Tahun 2018 yang di gelar di Grand Ballroom Hotel Borobudur Jakarta Pusat, Kamis (25/4/2019).

Dikesempatan itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru juga turut hadir selaku pemegang saham PTBA dengan 106 juta lebih lembar saham atau setara 0,9%.

Dalam penyampaianya, H. Herman Deru berharap agar PTBA dapat meningkatkan komunikasinya bersama pemprov Sumsel, bekerjasama, juga meningkatkan peran tanggung jawab sosial kemasyarakatan dan lingkungan.

“Meski saham kami kecil, namun saya harap Pihak PTBA dapat meningkatkan program sosial kemasyarakatan. Tapi jangan kerena permintaan ini muncul praduga yang tidak-tidak, seperti pemprov Sumsel yang seakan-akan ingin menguasai PT.BA,” Ujarnya.

Lebih lanjut Gubernur mengatakan, PTBA memang adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan dirinya tidak akan mengubah image tersebut. Pihaknya justru berupaya agar PTBA dapat memberikan sentuhan lokal dan warna daerah serta dapat lebih menyentuh masyarakat.

“Kita tahu PTBA adalah BUMN, dan kami tidak ingin mengubah citra tersebut. Kami berharap agar PTBA dapat lebih memiliki sentuhan lokal dan daerah, juga dapat lebih menyentuh masyarakat melalui program sosialnya. Sekali lagi saya sampaikan kembali, komunikasi antara dua lembaga ini, pemprov Sumsel dan PTBA sudah cukup baik, namun ke depan harus lebih baik lagi sehingga ada keterbukaan dan tidak muncul prasangka,”Jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Bupati Muaraenim menyampaikan usulan dan saran kepada PT BA, untuk membangun bidang lintasan kereta babaranjang, turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Muaraenim, dan membangun kawasan wisata Muaraenim.

“Hampir setiap 15 menit, jalanan di Muaraenim dilalui angkutan batubara yaitu kereta babaranjang (batubara rangkaian panjang). Bisa dipastikan dengan meningkatnya target produksi batubara oleh PT.BA maka setiap menit kereta akan melintas. Kemudian sebagai wilayah ring 1 di mana tambang batubara ada di Muaraenim, kami berharap PT. BA dapat berperan dalam menekan angka kemiskinan di Muaraenim, sebab meskipun sebagai daerah penghasil tambang namun masyarakat Muaraenim tergolong miskin. Ini sesuai dengan target HDMY menuju angka kemiskinan 1 digit,” Katanya.

Bupati menyampaikan, meskipun saham pemerintah Kabupaten Muaraenim lebih kecil dari pemprov Sumsel hanya 0,3%, pihaknya berharap PTBA tetap dapat meningkatkan tanggung jawab sosial kemasyarakatan di Muaraenim. (al/red)

Related posts

Leave a Comment