oleh

Bupati OKU Timur Akan Terima Penghargaan dari Mendikbudristek RI

OKU TIMUR, MS – Sukses melakukan revalitas Bahasa Komering, Bupati OKU Timur Ir. H. Lanosin MT akan menerima penghargaan dari Kementerian Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia.

Penghargaan ini dijadwalkan akan diserahkan Mendikbudristek ke Bupati OKU Timur saat Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, yang dìjadwalkan berlangsung di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis 02 Mei 2024 mendatang.

Kabar penerimanaan penghargaan ini dibenarkan langsung Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SPd MM, melalui Sekdin Ir H Dodi Purnama ST MM didampingi Kasi Peserta Didik, Himawan Basatasi MPd.

“Undangan kehadiran untuk penerimaan penghargaan ini sudah kita terima, dan akan segera kita naikan ke pak Bupati,” kata Dodi, Rabu 24 April 2024.

Dikatakan, penghargaan dan apresiasi ini didapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi bahasa daerah (komering).

Mulai dari pelaksaan revitasisasi, Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi, hingga pengimbasan kepada guru-guru.

Selain itu, Pemkab OKU Timur melalui Disdikbud OKU Timur telah memasukan bahasa daerah Komering menjadi pelajaran Muatan Lokal (Mulok) di sekolah-sekolah.

“Ahamdulilah Pak Bupati Lanosin akan menerima penghargaan ini bersama 19 kepala daerah lainnya di Indonesia, dan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Sumsel,” ujar Dodi.

Pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah ini bisa terlaksana dengan baik berkat dukungan Pemkab OKU Timur khususnya pak Bupati Lanosin.

“Pak Bupati menginginkan agar bahasa daerah khususnya Komering menjadi identitas OKU Timur. Meskipun secara umum, dì OKU Timur mempunyai beragam suku dan budaya,” ujarnya.

Sebagai informasi, perwakilan dari Kabupaten OKU Timur akan dilepas mengikuti FTBI Nasional pada Jumat 26 April 2024 mendatang. (Boy)

News Feed