You are here
Dampak Pemangkasan Anggaran, Posko Kebakaran Bakal Tidak Dibangun NASIONAL 

Dampak Pemangkasan Anggaran, Posko Kebakaran Bakal Tidak Dibangun

PRABUMULIH, MS – Tiga posko antisipasi kebakaran yang akan dibangun kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan masyarakat (Kesbanglinmas) Pemerintah kota Prabumulih bakal batal. Dimana, akibat dari dampak pemangkasan anggaran yang dilakukan pemerintah pusat.

Hal ini diungkapkan  Kepala Kebanglinmas Pemkot Prabumulih, Marthodi ketika diwawncara oleh awak media, akhir pekan lalu.

Menurut dia, tiga posko yang rencananya akan didirikan yakni di Kecamatan Cambai, Kecamatan Utara dan Rambang Kapak Tengah bakal tidak teralisasi. “Ya, tahun ini terpaksa kita tunda pendirian tiga posko kebakaran, karena anggaran Pemkot Prabumulih dipangkas lagi oleh pemerintah pusat,” ungkapnya.

Bakhan, pihaknya berencana mendirikan satu posko lengkap dengan armada pemadam yang akan menelan dana lebih dari Rp 2 miliar. “Posko itu direncakan untuk mengtasi kebakaran yang sulit dijangkau,” tegasnya.

Ia menilai, tiga wilayah itu sangat perlu pemadam. Seperti RKT dan Cambai serta Kecamatan Prabumulih Utara yang padat penduduknya.

Bakhan, pihaknya sendiri pada tahun lalu pernah mengajukan proposal bantuan ke kementerian pusat. Namun setelah ditanya pemerintah pusat juga tidak bisa menganggaran hal tersebut. “Ya, kita juga beberapa minggu lalu pernah ke kantor kementerian. Mereka (kementerian) juga tidak dapat berbuat banyak karena anggaran mereka juga dipangkas,” pungkasnya.

Ketika ditanya antispasi apa yang dilakukan untuk mencegah kebakaran lahan ini? Dikatakan dia, pihaknya saat ini terus memaksimalkan armada yang ada. Serta rutin melakukan pemeriksaan dan perbaikan armada. “Kita optimalkan armada yang ada saja dulu,” imbuhnya. (nor)