You are here
Diduga Menyalahi Spek, Jembatan Semete Nyaris Ambruk DAERAH HEADLINE 

Diduga Menyalahi Spek, Jembatan Semete Nyaris Ambruk

MUSI RAWAS, MS – Belum genap satu tahun diresmikan oleh Bupati Kabupaten Mura, H Hendra Gunawan, jembatan gantung yang ada di Desa Semeteh Kecamatan Muara Lakitan, Rabu (26/8) nyaris ambruk.

Tak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan jembatan sepanjang 167 meter yang menghubungkan dua dusun dengan empat dusun yang ada disebrang tersebut ambruk. Patut diduga pengerjaan jembatan yang dilaksanakan oleh CV. Titian Bersaudara tersebut tidak sesuai spek.

Padahal pembangunan jembatan yang dua kali dianggarkan pada APBD Pemkab Mura tersebut menelan anggaran cukup pantastis. Yakni dianggarkan Rp 475 juta pada APBDP Tahun 2018 dan dianggarkan Rp 1.3 miliar pada APBDP 2019. Bila dikalkulasikan jembatan yang baru delapan bulan diresmikan tersebut memakan anggaran Rp 1.775.000.000.

Kepala Desa Semeteh, Arman mengaku tidak ada yang salah dalam pembangunan jembatan, angin deraslah yang menyebabkan jembatan tersebut landai.

“Jembatan itu sangat dibutuhkan warga untuk itu saya minta pihak Pemkab Mura tanggap hal itu. Saya khawatir kondisi cuaca tidak menentu bila hujan deras turun maka lantai jembatan bisa menyentuh air dan bisa hanyut diterjang arus,” jelasnya.

Kendati begitu lebih kurang 300 kepala keluarga yang ada diseberang jembatan tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasa karena ada satu jalan alternatif yang bisa diakses untuk keluar dusun.

“Jalan alternatif ada tapi kondisinya juga rusak dan dalam proses perbaikan. Kalau melalui jalan jarak tempuhnya lumayan jauh hampir 5 km. Kalau warga ingin jarak tempuh yang lebih singkat mau tidak mau naik perahu. Untuk itu saya minta pihak Pemkab Mura segera memperbaiki,” selorohnya. (Dhia)

Related posts

Leave a Comment