You are here
Hardiknas, Guru SMA I Sanga Desa Diberi Bunga DAERAH HEADLINE 

Hardiknas, Guru SMA I Sanga Desa Diberi Bunga

MUSI BANYUASIN, MS – Sebanyak 30 Guru dan Kepala Sekolah SMA Negeri I Sanga Desa diberi bunga. Bunga tersebut adalah kiriman dari Risnawati beserta teman-temannya, selaku alumni siswa SMA I Sanga Desa, sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian para gurunya yang berdedikasi. Alumni sekarang yang tengah melanjutkan studinya pada jurusan kesehatan masyarakat di Universitas Sriwijaya (UNSRI).

Hal ini terlihat saat upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dihadiri pihak polsek, komite sekolah serta oleh puluhan kepala sekolah dalam wilayah kecamatan Sanga desa. Dalam upacara itu, Kepala UPTD Dikbud Sanga Desa berkesempatan selaku Inspektur Upacara (Irup). Upacara digelar pada halaman SMA Negeri I Sanga Desa, Rabu (2/5/18).

Kepala UTPD Dikbud Sanga Desa,Suhaidi Spd Msi MM dalam sambutannya membacakan pidato resmi dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia, Mubadjir Effendi untuk mengenang jasa pahlawan pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantoro.

“Dalam peringati Hardiknas tahun 2018 yang mengambil tema ‘menguatkan pendidikan, memajukan kebudayaan’ yang intinya adalah kita dalam momentum peringati Hardiknas kali ini untuk mengajak guna melakukan muhasabah dan mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan,” ujarnya.

Dalam hal ini juga ia merenung sejenak guna menengok kebelakang, melihat apa yang telah dikerjakan untuk kemudian bergegas melangkah kedepan guna mencapai cita-cita masa depan pendidikan nasional yang didambakan oleh bangsa dan negera ini dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. “Sesuai dengan UU pendidikan nasional yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta motto pendidikan nasional kita, Ing ngarso sung tulodo, Ing madya mangun karso, tut wuri handayani,” ungkapnya.

Sekarang ini ikhtiar itu juga diperkuat dengan menyusulnya Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang mengamanatkan pendidikan dibawah tanggung jawab Kesatuan Pendidikan. “Guna memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan dan segenap element masyarakat,guna menguatkan pendidikan dan kebudayaan,” pungkasnya.

Setelah upacara berlansung, dilanjutkan dengan pemberian bunga yang secara simbolis diberikan oleh kepala UPTD Dikbud Sanga Desa sebagai reward kepada guru dan tenaga pendidik di SMA Negeri I Sanga Desa yang memiliki dedikasi tinggi akan kemajuan dunia pendidikan khususnya dilingkungan SMA Negeri I Sanga Desa.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Sanga Desa,M Habibi SPd Msi mengatakan bahwa pemberian bunga adalah sebagai bentuk penghargaan (reward) secara simbolis apresiasi kepada insan pendidik di SMA Negeri I Sanga Desa yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pendidikan dan disiplin.

“Penghargaan ini merupakan wujub apresiasi kepada guru dan tenaga pendidik dilingkungan Sekolah yang memiliki semangat juang, dedikasi serta pengabdiannya dalam memajukan pendidikan khususnya di SMA Negeri I Sanga Desa,” jelasnya.

Habibi berharap walau hanya secara simbolis hendaknya reward yang diberikan untuk para guru ini menjadi motivasi bagi para civitas akademik untuk berbuat dalam mencerdaskan anak bangsa.

“Walaupun reward atau penghargaan ini hanya secara sederhana, namun saya berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para teman-teman guru sekalian agar bisa lebih giat lagi untuk berjuang demi kemajuan pendidikan disekolah. Serta teruslah berbuat secara ikhlas dan tulus dalam berkontribusi serta tak kenal berhenti, guna mencapai misi visi pendidikan di SMA Negeri I Sanga Desa,” tuturnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment