You are here
Jelang Pemilu 2019, Kesbangpol Gelar Rakor Persiapan HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Jelang Pemilu 2019, Kesbangpol Gelar Rakor Persiapan

LAHAT, MS – Menjelang pemilihan umum yang semakin dekat, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Lahat menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan pemilu 2019, bertempat di ruang Opproom Pemkab Lahat, Selasa (5/3/2019).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik H Surya Desman dalam laporanya mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan rakor mengenai persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 dan acara untuk menampung persoalan terkait Pemilu tahun 2019.

Dalam kegiatan ini juga dalam rangka untuk mengevaluasi seberapa jauh persiapan pelaksanaan yang sudah, sedang dan akan dilaksanakan, termasuk masalah sebelum maupun sesudah pemilu 2019.

“Semoga pemilu 17 April 2019 yang akan datang dapat berjalan sesuai harapan kita semua,” tuturnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Lahat H Haryanto MBA mengatakan pada pelaksanaan kegiatan ini tentunya membahas apa yang menjadi permasalahan dan dapat mencari solusi agar terselenggaranya pemilu yang aman dan damai.‎Perlu dipantau juga pengawasan surat suara yang bahannya terbuat dari kardus ini juga dibahas bagaimana cara penyimpanan atau penampungan kotak suara yang aman dari basah dan lembab.

“Marilah kita menjaga kondisifitas wilayah Kabupaten Lahat secara bersama-sa agar tercipta pelaksanaan pemilu yang aman dan damai.” ajaknya

Ketua KPUD Lahat Nana Priana dalam hal ini mengatakan KPU Lahat sudah menyiapkan rangkaian kegiatan persiapan yaitu dari gudang yang berada di Bandar Agung sampai ke gudang KPU Lahat. Ada beberapa kekurangan dan sudah disampaikan ke KPU RI dan saat ini sudah dalam pengiriman.

“Ada beberapa permasalahan bahwa PPK kesulitan dalam penempatan kotak surat suara karena kotak sekarang berupa kardus dan harus menjaga kehati-hatiannya. Kotak ini aman dan kuat, namun tetap ekstra pengamanannya,” ungkapnya. ‎

Kemudian cetak surat suara akan dilaksanalan pada 7 Maret yang dicetak di Kabupaten Bogor, dan pada 13 Maret surat suara akan tiba di KPU Lahat. ‎Pihaknya sudah mempersiapkan apabila surat suara sudah sampai akan disortir dan akan diteruskan pada pelipatan surat suara selama 15 hari di jam kerja sehingga awal April diharapkan sudah selesai.

“Mengenai blanko sudah selesai dan terakhir menunggu selesai pelipatan suara sehinggapada tanggal 28 Februari 2019, pihaknya sudah melakukan perekrutan KPPS di tingkat desa dan untuk target partisipasi pemilih 77,75% bila perlu sampai dengan 80%,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Lahat Cik Ujang SH,Dandim 0405 atau yang mewakili,Kajari Lahat atau yang mewakili,SKPD dan FKPD Kabupaten Lahat,Kapolres Lahat atau yang mewakili,Ketua KPUD Lahat Nana Priana,Ketua Bawaslu Lahat Andra Juarsah,para Camat se-Kabupaten Lahat,anggota Panwascam serta tamu undangan. (nur)

Related posts

Leave a Comment