You are here
Kepala BPKAD: Penggunaan Dana Desa Tahun Ini Terfokus Penanggulangan Covid-19 ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

Kepala BPKAD: Penggunaan Dana Desa Tahun Ini Terfokus Penanggulangan Covid-19

BM 6

BENGKULU SELATAN, MS – Dampak Pandemi Covid-19 sangatlah luar biasa, yang mengakibatkan terganggunya struktur maupun aturan disegala lini maupun bidang. Masalah ini tidak terjadi hanya diperkotaan saja tetapi sampai hampir kesetiap pedesaaan.

Sehingga pemerintah pusat melalui Menteri Desa, menginstruksikan penggunaan Dana Desa tahun ini terfokus kepada Penanggulangan Covid, Padat Karya Tunai (PKT) dan Anggaran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT-DD) karena Sesuai dengan Premdes No 6 Tahun 2020.

Setiap desa harus menganggarkan 25 sampai dengan 30 persen sesuai dengan besaran dana desa masing – masing Desa. Namun masih banyak desa yang belum melaporkan administrasi penyaluran untuk mencairkan DD di tahap ke-3. Hal ini disampaikan Lismanto Bayu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (BPKAD).

“Yang sudah mengajukan sampai saat ini 24 Desa, padahal sekarang sudah lewat pertengahan tahun. Laporan administrasi pencarian BLT tahap ke dua ini, adalah barometer agar bisa memproses DD tahap ketiga,” ujar Bayu panggilan akrabnya Rabu (15/07/2020)

Dikatakan dia, proses untuk melakukan pengajuan pencarian tahap ke-3 pihaknya BPKAD meminta supaya Desa yang belum, melaporkan administrasi penyaluran BLT DD tahap kedua segera mungkin untuk dilaporkan, guna percepatan pencairan Dana Desa tahap tahap tiga, agar tidak gelabakan membuat laporan diakhir tahun nanti.

“Untuk Desa yang belum melaporkan administrasi BLT DD tahap kedua kemarin, maka tentu akan sedikit terlambat, untuk pencairan Dana Desa tahap ke-3,” tegas Lismanto Bayu. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment