oleh

KPU Lubuklinggau Membuka Perekrutan PPK Untuk Pilkada

LUBUKLINGGAU-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau memastikan proses rekruitmen Panitia Pemilihan kecamatan (PPK) sesuai dengan tahapan.

Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Lubuklinggau, Andri Afandi mengatakan masalah titipan itu hanya isu saja, karena proses test menggunakan CAT langsung.

“Proses testnya transparan CAT nilainya keluar saat itu juga. Itu hanya Isu memang banyak beredar, tapi seleksi transparan,” ungkap Andri pada wartawan, Selasa (30/4).

Menurutnya bukan hanya CAT saja yang kelihatan, namun pada saat wawancara nanti akan kelihatan juga bagaimana kemampuan pelamar apakah mampu bekerja dengan tim atau tidak.

“Teman-teman yang lulus harus mampu bekerja sama dengan tim dan tahu tentang pemilih. Jangan sampai teori faham tapi aplikasi tidak, kita butuh penyelenggaraan yang punya etika, loyalitas tehadap KPU saat menjalankan tugas,” ujarnya.

Andri juga membantah bila yang terpilih sebagai PPK nanti adalah wajah-wajah lama, karena saat ini rata-rata ikut seleksi masih didominasi oleh PPK sebelumnya.

“Untuk yang lama-lama akan dilantik tidak benar, karena rekrut ulang mulai dari nol dan mereka harus lulus terlebih dahulu. Yang lulus CAT saja yang akan diluluskan. Artinya semua peserta mempunyai peluang yang sama,” ujarnya.

Andri pun menyebutkan bila hasil perekrutan kemaren sudah memenuhi kuota, total masing-masing PPK seluruh kecamatan 40 orang yang akan dilantik.

Sementara jumlah yang direkrut jumlahnya dua kali kebutuhan. Sementara untuk yang mengikuti CAT tiga kali kebutuhan yakni 120 orang.

“Yang mengisi SIAKBA pelamar kemarin 262 sementara yang mengembalikan formulir berkas 228, untuk keterwakilan perempuan juga 30 persen terpenuhi,” bebernya.

Lanjut Andri, untuk CAT dalam jadwalnya akan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 8 Mei. Sedangkan untuk Kota Lubuklinggau akan dilaksanakan tanggal 7 Mei mendatang.

“Pelaksanaan test di SMK 2 Lubuklinggau, setelah mereka lulus dilanjutkan dengan test wawancara. Karena targetnya 16 Mei sudah pelantikan,” ungkapnya. (Dhia)

News Feed