You are here
Lubuklinggau Miliki Rumah Wanita DAERAH HEADLINE 

Lubuklinggau Miliki Rumah Wanita

LUBUKLINGGAU, MS – Kegiatan berbagai organisasi wanita di Kota Lubuklinggau, kini dapat lebih terakomodir dengan berdirinya Rumah Wanita Kota Lubuklinggau, berlokasi tak jauh dari Rumah Dinas Walikota Lubuklinggau di Kelurahan Petanang, Kota Lubuklinggau.

“Rumah Wanita ini, nantinya bisa dimanfaatkan untuk seluruh organisasi wanita di Kota Lubuklinggau, misalnya menggelar kegiatan. Tempat ini, akan kita manfaatkan bersama-sama, jadi seluruh organisasi wanita dilibatkan,” ungkap Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana dalam acara Peresmian Rumah Wanita, Kamis (20/10).

Ia menjelaskan, banyaknya organisasi wanita di Kota Lubuklinggau, seperti TP PKK, Bhayangkari, Persit dan lainnya, tentu akan lebih meningkat komunikasinya, jika telah didirikan Rumah Wanita yang nantinya setiap organisasi memiliki tanggung jawab dalam pengelolaan.

“Karena akan dimanfaatkan bersama, jadi pengelolaannya juga dilakukan secara bersama. Misal, taman-taman yang ada di lokasi Rumah Wanita, baik perawatan serta pemilihan tanaman, kita bagi tanggung jawabnya per organisasi, termasuk ornamen yang memang perlu dilengkapi,” kata dia.

Sementara itu, Walikota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe yang turut hadir menjelaskan, berdirinya Rumah Wanita ini, menambah salah satu lokasi wisata, khususnya wisata budaya.

“Rumah Wanita ini, selain akan dijadikan pusat kegiataan organisasi wanita. Ini juga akan dijadikan lokasi wisata budaya, karena kita akan hadirkan ciri khas budaya daerah,” kata dia.

Menurutnya, memang masih banyak kekurangan yang perlu ditambah, namun hal itu akan dilakukan secara bertahap. Sementara, untuk memberikan kesan kental akan budaya khas Kota Lubuklinggau, pihaknya bakal bekerja sama dengan budayawan yang memahami betul budaya Kota Lubuklinggau.

“Nanti bisa kita jadikan wisata budaya yang akan kita perlihatkan kepada tamu-tamu yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau. Tapi, ini juga akan kita buka untuk umum, jadi masyarakat bisa menikmati,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Lubuklinggau menjelaskan, nantinya Rumah Wanita juga akan dijadikan wahana edukasi bagi pelajar.

“Tempat ini juga akan jadi wahana edukasi budaya bagi pelajar. Untuk teknis kunjungan dan lainnya, terutama bagi pelajar akan kita koordinasikan kepada instansi terkait,” ungkapnya. (sen)

Related posts

Leave a Comment