You are here
Pemdes Tanjung Besar Gelar Rapat Pelaksanaan Pembangunan ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

Pemdes Tanjung Besar Gelar Rapat Pelaksanaan Pembangunan

BM 1

 

BM 4BENGKULU SELATAN, MS – Sebelum bergerak melaksanakan pembangunan fisik tahun ini, Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Besar Kecamatan Manna menggelar rapat pelaksanaan pembangunan.

Rapat yang digelar pada Rabu 12/8/2020 dipusatkan di kantor Desa Tanjung Besar. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Camat Manna, Bhabinkamtibmas, Babinsa, tenaga ahli kabupaten, pendamping lokal desa, BPD dan beberapa tokoh masyarakat.

Dalam sambutanya Tiwardi Penjabat Kepala desa (Kades) Tanjung Besar mengatakan rapat ini dilaksanakan sesuai dengan petunjuk penggunaan dana desa, agar sebelum kegiatan berjalan unsur padat karya tunai dapat terpenuhi.

Dengan diadakannya rapat, dikatakan dia, pemerintah desa bersama warga, dapat menentukan apa saja yang dapat diberdayakan dalam proses pembangunan gedung balai kemasyarakatan ini.

BM 3“Ya, sehingga bagi warga yang ingin bekerja untuk menambah penghasilan silakan, nanti menghubungi tim pelaksana kegiatan,” imbuh Tiwar.

Sementara itu Turman Camat Kecamatan Manna menuturkan agar dalam hal ini harus memenuhi unsur padat karya tunai, dengan sistim pembayaran Harian Orang Kerja (HOK). “Laksanakanlah pekerjaan dengan maksimal, capai hasil terbaik sesuai dengan anggaran serta bepedomanlah dengan tim tekhnis dan konsultan,” pintanya.

Terkait padat karya tunai Welman Tenaga Ahli bidang Infrastruktur Desa menjelaskan dalam kegiatan fisik yang menggunakan dana desa boleh laki-laki ataupun perempuan silakan mendaftar untuk bekerja. Dengan syarat usia tidak dibawah umur dan masih produktif. Dalam tahapan pembangunan Pemdes harus melakukan sertifikasi tahapan sesuai dengan aturan Permendagri No 114 Tahun 2014 pasal 73 ayat 1 Sd 3
1). Kepala Desa mengoordinasikan pemeriksaan tahap perkembangan dan tahap akhir kegiatan infrastruktur Desa.
2). Pemeriksaan sebagaimana dimaksud ayat (1) dapat dibantu tenaga ahli di bidang pembamgunan infrastruktur sesuai dengan dokumen RKP Desa.
3). Dalam rangka penyediaan tenaga ahli sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Desa mengutamakan pemamfaatan tenaga ahli yang bersal dari masyarakat Desa.
“Semoga dengan mengikuti semua petunjuk pembangunan gedung balai kemasyarkatan ini akan mencapai hasil maksimal,” harap Welman. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment