oleh

Pemerintah Ajak Optimalkan Peran Forum Dalam Kewaspadaan Dini Masyarakat Dalam Rangka Pilkada Damai

LAHAT,MS – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak akan dijadwalkan pada November 2024, hanya saja, pesta demokrasi lima tahunan tersebut khususnya di Kabupaten Lahat mulai mengeliat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat bekerjasama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), mengajak seluruh elemen masyarakat serta organisasi yang ada untuk sama-sama mewujudkan kondisi zero konflik.

“Seperti yang kita ketahui dalam kurun lima tahun terakhir ini, memang Kabupaten Lahat didalam mengelar pilpres, pileg, pilgub dan pilkada selalu aman serta kondusif,” sebut Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid, S STP. Msi didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Raswan Ansori SE MM, Selasa 4 Juni 2024.

Adanya riak-riak disana sini akan tetapi masih dalam tahap wajar, hal ini juga partisipasi dari segi keamanan yang dilakukan TNI/Polri.

“Sehingga menjamin terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, sejuk terkendali dan jauh dari tindakan sara untuk memecahbelah persatuan sekaligus kerukunan terjaga selama ini,” imbaunya.

Dia menambahkan, untuk itulah melalui sosialisasi optimalisasi peran forum kewaspadaan dini masyarakat, dalam rangka pelaksanaan pilkada 2024 yang aman.

“Disinilah peran aktif dari unsur forkopimda, pemuka masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat umum lainnya secara bersatu dengan tekad, yang sama untuk memberikan sumbangan tenaga dan pikiran,” sebutnya.

Ia mengemukakan, baik ketika rangka persiapan, pelaksanaan maupun pasca pilkada tahun 2024, agar Kabupaten Lahat tetap dalam kondisi yang baik.

“Sedapat mungkin menghindari terjadinya situasi yang tidak diinginkan, serta terus berupaya sekuat tenaga untuk tetap menjaga, memelihara dan meningkatkan situasi yang kondusif, aman dan tentram,” tandas Muhammad Farid.

Senada, Dandim 0405/Lahat, Letkol Inf Asis Kamaruddin SE MIP melalui Kasdim, Mayor Inf Sugeng Purwadi menyebutkan, pihaknya bersama dengan jajaran Polri akan siap memberikan keamanan serta ketertiban, pada penyelenggaraan pilkada serentak 2024.

“Tentu saja, sebagai prajurit untuk terus memberikan upaya maupun usaha semaksimal mungkin, guna menciptakan kondisi keamanan serta ketertiban aman dan juah dari hal-hal tidak diinginkan,” urainya.

Sementara itu, Kapolpres Lahat, AKBP God Parlasro S Sinaga SIK SH MH melalui Kabag Ops, Kompol Ishandi Saputra SIK MH MIK mengemukakan, tentunya saja keamanan pada pilkada merupakan prioritas pihaknya, sehingga terhindar dari segala upaya ancaman maupun tindakan dapat merusak pesta demokrasi.

“Kami tidak bisa sendiri dengan berkolaborasi dengan TNI, Kejari, Pengadilan Negeri, DPRD Lahat serta unsur pemerintahan maka situasi kondusif dan tentram akan bisa dilakukan,” tutupnya.

News Feed