You are here
Pencairan Capai 40 Persen, Pekerjaan Bisa Lebih Cepat Terlaksana ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

Pencairan Capai 40 Persen, Pekerjaan Bisa Lebih Cepat Terlaksana

Bg 2

BENGKULU SELATAN, MS – Desa Tumbuk Tebing, Kecamatan Bunga Mas dapat mengerjakan pembangunan lebih cepat dan leluasa yang sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Pasalnya, pada tahun 2020 ini pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama sebesar 40 persen, berbeda dengan tahun sebelumnya hanya 20 persen ditahap pertama.

Bg 1“Untuk tahap awal ini setidaknya ada empat pekerjaan fisik pembangun yang akan segera direalisasikan,” ujar Sekretaris Desa (Sekdes), Ria Pasiza SSi, Senin (23/3/2020).

Dijelaskan dia, untuk tahap awal ini, pihaknya akan membangun siring pasang sepajang 130 M yang berlokasi di jalan sentra produksi Desa Tumbuk Tebing. “Ya, jalan tersebut adalah akses utama bagi para Petani untuk mengeluarkan hasil panenya,” ungkap Ria.

Ia beralasan, jalan tersebut adalah akses utama bagi petani sawit dan karet membawa hasil panen. Maka Ppemerintah Desa berdasarkan usulan masyarakat memutuskan tahun ini akan membuat siring pasang disepanjang badan jalan tersebut. “Kendaraan yang melalui jalan sentra produksi Ayei Bengkenang ini bermuatan cukup berat, jadi itu dilakukan untuk mengantisipasi supaya kualitas jalan tidak mudah rusak. oleh genangan air pada saat musim hujan tiba. Maka salah satu alternatifnya adalah membuatkan siring pasang di kiri kanan badan jalan,” ujarnya.

Untuk dana yang dialokasikan untuk siring pasang sebesar Rp99.778.000. “Kedalaman siring itu 50 cm lebar permukaan bawah 30 cm dan lebar permukaan atas 40 cm,” jelas Sekdes.

Bahkan, selain itu dikatakan dia, ditahap awal ini juga, pihaknya akan merealisasikan beberapa pembangunan yang sudah termuat di dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes). Diantaranya Jalan rabat beton yang menuju pantai wisata di Desa tumbuk tebing, peningkatan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pembangunan MCK sebanyak 2 titik. “In syaa Allah pekerjaan itu akan dilaksanakan di DD tahap pertama ini,” tutup Ria. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment