You are here
Tangani Narkoba Pemkot Bentuk Konsuler HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Tangani Narkoba Pemkot Bentuk Konsuler

LUBUKLINGGAU, MS – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bekerjasama Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau melangsungkan diklat bagi 80 konsuler Pasukan Jihad Anti Narkoba (Jinak) di Bandiklat BKSDM Lubuklinggau, Selasa (26/2/2019).

80 peserta ini merupakan konsuler di 72 kelurahan dan delapan kecamatan yang diarahkan langsung Walikota H SN Prana Putra Sohe, Kapolres AKBP Dwi Hartono, Kepala BNN AKBP Edy Nugroho, perwakilan Balai Pelatihan Rehabilitasi Lido, Didi dan Kadispora H Surya Darma.

Walikota menyampaikan, Indonesia akan mendapakan bonus demografi karena banyaklah usia produktif. Namun, bonus demografi ini akan bisa menjadi bencana demografi. “Akan jadi bencana demografi kalau pemuda diisi dengan kegiatan yang tidak baik dan terjerat. Mau dibawa kemana negara ini,” ujar walikota.

Dirinya pernah mendengar bahkan melihat langsung bagaimana kondisi keluarga yang anggota keluarga menjadi penyalahguna, bahkan menjadi bandar juga. Hal seperti inilah yang harus difahami para konsuler, karena dirinya yakin disetiap lingkungan konsuler ini ada teman dan kerabat yang terjerat dan menjadi pecandu.

“Karena narkoba ini otak yang dimakan, akhirnya nge-hank, jadi sebab hancurnya rumah tangga, tindak kriminal dan keluarga terlantar. Untuk itu konsen bersama mencegah narkoba ini, karena bukan tugas polisi dan BNN saja tapi semuanya perang terhadap narkoba. Kita ingin membantu saudara kita yang terjerat narkoba, dan banyak masyarakat bertanya dimana kami akan mengadu,” paparnya.

Sekarang sudah banyak cara mengedar narkoba, sehingga warga masih tetap ada yang terjerat. Kalangan pelajar contohnya, mereka mencari jati diri akhirnya melakukan tindakan yang tidak terpuji.

“Kalau disiapkan wadah aktualisasi untuk dapat jati diri mengarah hal positi, kalau tidak memperbanyak aktifitas positif di masyarakat. Konsuler juga bakal dibekali android gerak cepat pemberantasan narkoba,” ungkap walikota. (dhia)

Related posts

Leave a Comment